Implementasi Cyber Public Relations dalam pengelolaan akun Instagram @prokopim.ciamis Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis

Sidiq, Japar (2023) Implementasi Cyber Public Relations dalam pengelolaan akun Instagram @prokopim.ciamis Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (425kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy

Abstract

Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis merupakan bagian dari perangkat Pemerintahan Daerah dipimpin oleh Sekretaris Daerah yang melaporkan dan bertanggung jawab kepada pimpinan Bupati atau Wakil Bupati Ciamis. Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis melaksanakan fungsi bagian penyebaran informasi kegiatan pimpinan oleh bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) yang berperan penting dalam melaksanakan kegiatan komunikasi pemerintah di Kabupaten Ciamis serta bertanggung jawab secara internal dan eksternal dalam membangun hubungan baik dengan publik. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran peran humas dalam membangun hubungan yang baik serta proses lmplementasi Cyber Public Relations yang dilakukan oleh bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis dimulai dari tahapan transparency, porosity, the intrenet as an agent, richness in content and reach pada akun lnstagram @prokopim.ciamis. Penelitian ini menggunakan model Phillips and Young dengan metode deskriptif untuk mendeskripsikan proses tahapan ilmplementasi Cyber Public Relations yang dilakukan bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Ciamis, paradigm yang digunakan yaitu paradigma konstruktivisme dan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa lmplementasi cyber public relations dalam pengelolaan akun lnstagram @prokopim.ciamis telah melalui empat tahap. Pertama tahap transparency yaitu proses keterbukaan informasi pimpinan di Kabupaten Ciamis dilakukan secara terbuka. Kedua tahap porosity yaitu keterbukaan yang tidak disengaja informasi yang dikecualikan berupa dokumen Negara yang bersifat rahasia dalam pelaksanaannya tidak pernah terjadi porosity pengelolaan kata sandi lnstagram @prokopim.ciamis dilakukan pergantian secara berkala sementara pesan yang disampaikan pernah terjadi porosity dalam penulisan gelar atau penulisan kata. Ketiga tahap the intrenet as an agent yaitu tahap proses penyampai pesan pimpinan sebagai pengubah di lnstagram @prokopim.ciamis memberikan dampak positif karena pesan dapat disampaikan dengan cepat tetapi di sisi lain memiliki dampak negatif karena pengguna lnstagram tidak semua kalangan memilikinya sehingga pesan tidak dapat tersampaikan secara menyeluruh. Keempat tahap richness in content and reach berbagai jenis informasi di akun lnstagram @prokopim.ciamis bentuk gambar, video disertai narasi dan editing warna ungu sebagai identitas Kabupaten Ciamis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Cyber Public Relations; Pengelolaan lnstagram; Keterbukaan Informasi;
Subjects: Special Computer Methods > Online Social Network
Relationship of Libraries > Relationship with the Community
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Political dan Government Science > Local Government
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Japar Sidiq
Date Deposited: 01 Aug 2023 01:43
Last Modified: 01 Aug 2023 01:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72807

Actions (login required)

View Item View Item