Hubungan School Based Management dengan mutu pendidikan : Penelitian di SMA Muhammadiyah 4 dan SMK Muhammadiyah 2 Kota Bandung

Fauziah, Wafa Nurul (2023) Hubungan School Based Management dengan mutu pendidikan : Penelitian di SMA Muhammadiyah 4 dan SMK Muhammadiyah 2 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (347kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan kunci suatu bangsa untuk membangun peradaban. Sekolah akan dikatakan bermutu, jika seluruh sistem manajemen yang ada di sekolah terlaksana dengan baik, baik itu dari segi administrasi, peserta didik, tenaga pendidik dan kependidikan dan manajemen humas. Jika seluruh komponen itu berjalan dengan baik, terorganisir, dan mampu bertanggung jawab maka sekolah telah berhasil dan mampu menerapkan School Based Managemnet. Penelitian ini berharap untuk mengetahui: 1) Penerapan sistem School Based Management di SMA Muhammadiyah 4 dan SMK Muhammadiyah 2 Bandung. 2) Mutu Pendidikan di SMA Muhammadiyah 4 dan SMK Muhammadiyah 2 Bandung. 3) Hubungan School Based Management dengan Mutu Pendidikan di SMA Muhammadiyah 4 dan SMK Muhammadiyah 2 Bandung. Penelitian ini sangat tepat digunakan metode deskriptif pendekatan kuantitatif studi riset. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu uji absah data (validitas dan reliabilitas), uji prasyarat analisis (uji normalitas dan linearitas), uji hipotesis (uji koefisien korelasi dan determinasi), serta uji signifikansi (uji T). Perkiraan hasil penelitian dimungkinkan, pengujian statistik yang menunjukkan bahwa: (1) School Based Managemnt di SMA Muhammadiyah 4 dan SMK Muhammadiyah 2 Bandung menghasilkan rata- rata sebesar 4,1 yang termasuk dalam kategori Tinggi. (2) Mutu Pendidikan di SMA Muhammadiyah 4 dan SMK Muhammadiyah 2 Bandung menghasilkan rata- rata sebesar 4,5 yang termasuk dalam kategori Sangat Tinggi. (3) Hubungan School Based Management dengan Mutu Pendidikan di SMA Muhammadiyah 4 dan SMK Muhammadiyah 2 Bandung memiliki nilai signifikan 0,00< 0,,05. Kemudian diperoleh hasil koefisien korelasi sebesar 0,686 yang berada di rentang antara 0,600- 0,799 yang dikategorikan dalam bentuk positif. Lalu diperoleh hasil determinasi diketahui nilai korelasi (R Square) ialah 0,471 yang dapat disimpulkan bahwa kontribusi variabel School Based Management dengan Mutu Pendidikan adalah sebesar 47,1%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: School Based Management; Mutu Pendidikan; Sekolah
Subjects: Education > Miscellany of Education
Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Wafa Nurul Fauziah
Date Deposited: 02 Aug 2023 06:49
Last Modified: 02 Aug 2023 06:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72914

Actions (login required)

View Item View Item