Penerapan model pembelajaran PACE (Project, Activity, Cooperative, Exercise) dan C-MID (Cooperative-Meaningfull Instructional Design) untuk meningkatkan komunikasi matematis dan Self Eefficacy siswa : Penelitian kuasi eksperimen di SMPN 18 Bandung

Lustianti, Rizka (2017) Penerapan model pembelajaran PACE (Project, Activity, Cooperative, Exercise) dan C-MID (Cooperative-Meaningfull Instructional Design) untuk meningkatkan komunikasi matematis dan Self Eefficacy siswa : Penelitian kuasi eksperimen di SMPN 18 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (508kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model PACE dan C-MID serta mengkaji self efficacy siswa. Metode yang digunakan adalah Kuasi Eksperimen. Banyaknya Populasi dalam penelitian ini adalah 12 kelas dengan sampel sebanyak 3 kelas. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) gambaran proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran PACE dan C-MID; (b) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa; (c) self efficacy (d) Hambatan dan kesulitan siswa. Instrumen penelitian ini yaitu tes soal komunikasi matematis, lembar observasi guru dan siswa serta skala self efficacy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan dari setiap pertemuan; (b) Hasil analisis gain ternomalisasi menunjukkan adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa; (c) Hasil analisis gain menggunakan uji Kruskall Wallis terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa antara yang memperoleh pembelajaran PACE, C-MID dan pembelajaran konvensional; (d) Self efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran PACE dan C-MID positif dan tidak ada perbedaan peningkatan di ketiga kelas; (e) Adanya hambatan dan kesulitan siswa saat diskusi dan mengerjakan soal tes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: PACE; C-MID; komunikasi matematis; self efficacy;
Subjects: Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: PKL1 SMKN 8 GARUT
Date Deposited: 17 Oct 2023 07:10
Last Modified: 17 Oct 2023 07:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72992

Actions (login required)

View Item View Item