Penerapan model cooperative learning tipe jigsaw Untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik Pada mata pelajaran fiqih pokok bahasan haji (penelitian tindakan kelas di kelas va mi darussalam caringin kota bandung )

Risdianti, Hilda (2017) Penerapan model cooperative learning tipe jigsaw Untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik Pada mata pelajaran fiqih pokok bahasan haji (penelitian tindakan kelas di kelas va mi darussalam caringin kota bandung ). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada fenomena yang terjadi di kelas VA MI Darussalam Caringin Kota Bandung, yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik khususnya pada mata pelajaran fiqih. Hal ini disebabkan guru dalam proses pembelajaran masih menggunakan model pembelajaran yang kurang tepat.Maka peneliti memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan yang terjadi dengan menerapkan model cooperative learning tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil belajar kognitif peserta didik kelas V A MI Darussalam pada mata pelajaran fiqih pokok bahasan haji sebelum menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw, untuk mengetahui penerapan model Cooperative Learning tipe Jigsaw pada mata pelajaran fiqih pokok bahasan haji di kelas V A MI Darussalam, untuk mengetahui hasil belajar kognitif peserta didik kelas V A MI Darussalam pada mata pelajaran fiqih pokok bahasan haji setelah menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw.Pembelajaran tipe jigsaw merupakan salah satu tipe pembelajaran cooperative yang mendorong siswa aktif dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran untuk mencapai prestasi yang maksimal. Dalam model pembelajaran cooperative tipe jigsaw, yang berperan sebagai pusat kegiatan kelas bukan lagi guru melainkan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap secara berulang yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi,dan refleksi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu silabus, RPP, lembar observasi, dan lembar evaluasi. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan tes. Subjek penelitian dalam penelitian ini terdiri dari 11 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh: Nilai rata-rata hasil belajar seluruh peserta didik sebelum diterapkan model cooperative learning tipe jigsaw 65,5 dengan kriteria cukup, serta ketuntasan belajar peserta didik 45% telah memenuhi KKM. Nilai rata– rata persentase aktivitas peserta didik dengan menerapkan model cooperative learning tipe jigsaw pada siklus1 diperoleh hasil 69,5%,pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 92%. Begitu juga rata-rata persentase aktivitas guru pada siklus I 68,75%,pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 95,5%. Nilai rata-rata hasil belajar seluruh peserta didik setelah diterapkan model cooperative learning tipe jigsaw mengalami peningkatan pada siklus I yaitu 72,95 dengan kategori baik serta persentase ketuntasan belajar 65% telah memenuhi KKM. Kemudian pada siklus II rata-rata nilai seluruh peserta didik menjadi 85,42 dengan kategori istimewa serta persentase ketuntasan belajar 100% telah memenuhi KKM.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: cooperative;kognitif;fiqih
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: PKL3 SMKN 8 GARUT
Date Deposited: 28 Nov 2023 03:14
Last Modified: 28 Nov 2023 03:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73110

Actions (login required)

View Item View Item