Tanggapan peserta didik terhadap penerapan metode pembiasaan dengan menggunakan media buku monitoring dan hubungannya dengan akhlak mereka sehari-hari

Utami, Annisa (2017) Tanggapan peserta didik terhadap penerapan metode pembiasaan dengan menggunakan media buku monitoring dan hubungannya dengan akhlak mereka sehari-hari. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada fenomena yang terjadi di MTsN 2 Kota Bandung, yaitu terdapat permasalahan yang berkaitan dengan akhlak sehari-hari peserta didik di sekolah. Dikarenakan masih terdapat beberapa peserta didik yang terlihat kurang baik akhlaknya ketika bergaul dengan teman sebayanya. Sehingga diharapkan dengan adanya buku monitoring ini dapat membantu mengubah akhlak peserta didik menjadi lebih baik lagi serta dapat menumbuhkan kebiasaan-kebiasaan baik dalam kesehariannya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: tanggapan peserta didik terhadap penerapan metode pembiasaan dengan menggunakan media buku monitoring, akhlak peserta didik sehari-hari, tanggapan peserta didik terhadap penerapan metode pembiasaan dengan menggunakan media buku monitoring dan hubungannya dengan akhlak mereka sehari-hari. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa akhlak peserta didik sehari-hari dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya tanggapan mereka terhadap penerapan metode pembiasaan dengan menggunakan media buku monitoring. Dari asumsi tersebut, diajukan hipotesis “Semakin baik tanggapan peserta didik terhadap penerapan metode pembiasaan dengan menggunakan media buku monitoring semakin baik juga akhlak mereka sehari-hari.” Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan teknik analisis korelasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelas VIII MTsN 2 Kota Bandung yang berjumlah 96 orang, yang terdiri dari 32 orang laki-laki dan 64 orang perempuan. Hasil penelitin ini menyatakan bahwa: 1) Tanggapan peserta didik terhadap penerapan metode pembiasaan dengan menggunakan media buku monitoring sebesar 4,10 dan termasuk kualifikasi positif. 2) Akhlak mereka sehari-hari sebesar 4,20 dan termasuk kualifikasi sangat positif. 3) Hubungan antara tanggapan peserta didik terhadap penerapan metode pembiasaan dengan menggunakan media buku monitoring dengan akhlak mereka sehari-hari adalah sebagai berikut: (a) Diperoleh angka koefisien korelasi sebesar 0,58 yang berarti hubungan antara kedua variabel tersebut termasuk korelasi cukup kuat, karena berada pada interval 0,400 – 0,599. (b) Hipotesisnya diterima, berdasarkan uji hipotesisnya diperoleh t hitung > t tabel yaitu t hitung = 6,95 > t tabel = 1,3. (c) Kadar pengaruh tanggapan peserta didik terhadap penerapan metode pembiasaan dengan menggunakan media buku monitoring terhadap akhlak mereka sehari-hari mencapai 19%. Dengan kata lain, masih ada faktor lain yang mempengaruhi akhlak mereka sehari-hari yaitu sebesar 81%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: peserta didik; pembiasaan; monitoring; akhlak
Subjects: Islam
Islam Umum > Kecaman-kecaman terhadap Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: PKL3 SMKN 8 GARUT
Date Deposited: 21 Aug 2023 04:20
Last Modified: 21 Aug 2023 07:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73309

Actions (login required)

View Item View Item