pengaruh penggunaan model pembelajaran number head together (NHT) terhadap penguasaan konsep siswa pada materi sistem saraf manusia (penelitian pada siswa kelas xl ipa SMA Negeri 2 sukatani Kab.Bekasi)

HAZMI, NURFADILAH (2016) pengaruh penggunaan model pembelajaran number head together (NHT) terhadap penguasaan konsep siswa pada materi sistem saraf manusia (penelitian pada siswa kelas xl ipa SMA Negeri 2 sukatani Kab.Bekasi). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (998kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf

Download (313kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari dari pelajaran biologi yang masih berpusat pada guru dan cenderung masih menggunakan metode ceramah sehingga siswa sulit untuk memahami materi biologi. Siswa yang kurang aktif dalam proses pembelajaran serta kurangnya interaksi antara siswa dengan guru ataupun siswa dengan siswa lainnya. Pembelajaran dengan menggunakan model Number Head Together (NHT) menciptakan kerjasama yang positif dan mempunyai tanggung jawab masing-masing dalam belajar.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses keterlaksanaan pembelajaran, penguasaan konsep siswa dan pengaruh penguasaan konsep siswa dengan menggunakan model pembelajaran Number Head Together (NHT) pada materi sistem saraf manusia di SMA Negeri 2 Sukatani Kab. Bekasi. Metode yang digunakan Quasi Eksperimen Design dengan populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang digunakan sebagai sampel. Teknik penggunaan sampel ini menggunakan purposive sampling (sampel bertujuan), sehingga diperoleh XI IPA 3 (kelas kontrol) dan XI IPA 4 (kelas eksperimen). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan lembar observasi. Analisis data penelitian meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian diperoleh yaitu dengan rata-rata penguasaan konsep siswa pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata pretest 38,33, rata-rata posttest 67,60 dengan gain 27,7. Sedangkan rata-rata penguasaan konsep siswa dengan nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen yaitu 40,33, rata-rata posttest 77,37 dengan gain 36,17. Dengan thitung 4,18 > ttabel 1,67 dengan taraf signifikasi α=5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Model Number Head Together (NHT) Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Sistem Saraf Manusia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: penggunaan model, penguasaan konsep siswa
Subjects: Biology > Biologist
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: PKL6 SMKN 11 GARUT
Date Deposited: 27 Sep 2023 06:48
Last Modified: 27 Sep 2023 06:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73382

Actions (login required)

View Item View Item