Penerapan Model Pembelajaran Science, Environment, Technology And Society (Sets) Untuk Meningkatkan eterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Fluida Statis Kelas Xi(Penelitian Pre Experiment Di Kelas Xi Ipa 1 Sma Al-ma’soem Tahun Ajaran 2016/2017)

Kurniawan, Muhamad (2017) Penerapan Model Pembelajaran Science, Environment, Technology And Society (Sets) Untuk Meningkatkan eterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Fluida Statis Kelas Xi(Penelitian Pre Experiment Di Kelas Xi Ipa 1 Sma Al-ma’soem Tahun Ajaran 2016/2017). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (363kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (897kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_dafrtar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)

Abstract

Pembelajaran fisika membutuhkan model pembelajaran yang tepat dalam penyampaiannya, sehingga fisika dapat dengan mudah dipahami. Berdasarkan hasil studi pendahuluan, keterampilan berpikir kritis peserta didik tidak terlalu baik, sehingga perlu model pembelajaran yang teat. Model pembelajaran SETS dianggap dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis, karena model pembelajarateknologi yang digunakan dalam kehidupan sehingga bermanfaat bagi lingkungan dan sosial. Fluida statis dipilih karena terdapat konsep sains dalam teknologi yang bermanfaat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran SETS pada maeri fluida statis serta peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi fluida statis. Metode yang digunakan adalah pre-experimental design, dengan desain one-group pretest-posttest. Sampel penelitian yaitu kelas XI IPA 1 berjumlah 26 orang dipilih dengan teknik purpose sampling. Hasil rata-rata seluruh pertemuan aktivitas guru sebesar 84% dengan kategori sangat baik dan peserta didik 78% dengan kategori baik. Selain itu, terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi fluida statis sebesar 0,50 termasuk kategori sedang. Uji hipotesis menggunakan uji wilcoxon match pair didapatkan Zhitung (4,465) > Ztabel (1,645) berarti Ho ditolak dan Hi diterima. Dengan demikian, Model pembelajaran Science, Environment, Technology and Society (SETS) dapat dijadikan model pembelajaran alternatif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi fluida statis. Kata kunci: Science, Environment, Technology and Society (SETS), keterampila

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Science;Environment;Technology and Society (SETS);keterampilanberpikir kritis;fluida statis
Subjects: Applied Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: PKL3 SMKN 8 GARUT
Date Deposited: 28 Nov 2023 04:38
Last Modified: 28 Nov 2023 04:38
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73398

Actions (login required)

View Item View Item