Penggunaan media uno balok dalam pembelajaran bahasa Arab pada materi mufrodat untuk mengingkatkan hasil belajar siswa

Hidayatulloh, Rifqi (2019) Penggunaan media uno balok dalam pembelajaran bahasa Arab pada materi mufrodat untuk mengingkatkan hasil belajar siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. Cover.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3. Daftar Isi.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4. Bab I.pdf

Download (287kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5. Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text (BAB III)
6. Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text (BAB IV)
7. Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB)
[img] Text (BAB V)
8. Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)

Abstract

Kemampuan siswa dalam memahami bahasa Arab berkaitan dengan kemampuan mereka dalam memahami kosa kata. Selain itu, metode pengajaran penting dalam proses belajar mengajar dan membuat siswa belajar secara efektif, demikian juga dalam mengajar kosa kata. Pada kenyataannya, sebagian besar guru di SD Negeri Satu Bandung mungkin tidak peduli dengan metode pengajaran yang cocok untuk mata pelajaran tersebut. Hal ini membuat siswa tidak memahami materi pelajaran dan mereka bosan mengikuti pendidikan, terutama pada mata pelajaran kosa kata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan kosa kata siswa sebelum menggunakan metode batang "UNO" dalam pengajaran kosa kata, mengetahui kemampuan mereka setelah menggunakannya, dan mengetahui bagaimana meningkatkan kemampuan kosa kata siswa setelah menggunakannya dalam pengajaran kosa kata. Penelitian ini didasari oleh pemikiran bahwa alat peraga merupakan suatu alat yang dapat membantu dalam proses belajar mengajar dan memperjelas materi pendidikan, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan lebih baik. Oleh karena itu, penggunaan stem kata “UNO” mempengaruhi kemampuan kosakata siswa. Peneliti menyajikan hipotesis yang telah ditetapkan bahwa ada pengaruh terhadap kemampuan kosakata siswa setelah menggunakan metode batang "UNO" dalam pengajaran kosakata. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan metodenya adalah metode eksperimen dengan merancang pre-test dan post-test untuk satu kelompok, dan metodenya adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Salah satu hasil dari penelitian ini adalah kemampuan siswa pada kosakata sebelum menggunakan metode batang “UNO” dalam pengajaran kosakata menunjukkan tingkat yang sangat rendah, karena rata-rata hasil adalah 39,65. Itu jatuh antara 40-50 dalam standar interpretasi - dan bahwa kemampuan siswa pada kosa kata setelah menggunakan metode batang "UNO" dalam mengajar kosa kata menunjukkan tingkat yang baik, karena hasil rata-rata berada pada skala 72,34 - dan itu jatuh antara 70-79 dalam standar interpretasi. Dan terdapat pengaruh penggunaan metode trunks “UNO” terhadap peningkatan kemampuan kosakata, karena nilai “t” hitung (0,6837) lebih besar dari nilai “t” tabel (0,165) pada taraf signifikansi 5%. Tingkat peningkatan kemampuan kosa kata siswa sebesar 0,57 atau 57% dalam taraf cukup.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Belajar Bahasa Arab; Media Belajar Bahasa Arab materi mufrodat; Media Belajar Bahasa; Game untuk Media Belajar;
Subjects: Arabic
Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rifqi Hidayattuloh
Date Deposited: 11 Aug 2023 03:05
Last Modified: 11 Aug 2023 03:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73432

Actions (login required)

View Item View Item