Analisis pengaruh Kurs Inflasi pertumbuhan ekonomi BI Rate terhadap nilai aktiva bersih Reksa Dana Exchange Trade Fund Syariah periode 2014-2022

Nugraha, Hanafi (2023) Analisis pengaruh Kurs Inflasi pertumbuhan ekonomi BI Rate terhadap nilai aktiva bersih Reksa Dana Exchange Trade Fund Syariah periode 2014-2022. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (894kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (739kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy

Abstract

Partisipasi penduduk Indonesia di pasar modal hanya sekitar 2,2%, hal ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman tentang investasi di pasar modal ditambah mayoritas penduduk Indonesia adalah Muslim yang masih menganggap investasi di pasar modal itu haram dan belum mengetahui ada pasar modal syariah, padahal ada instrumen investasi yang cocok untuk pemula maupun professional yaitu reksa dana syariah yang memliki banyak jenis, dari berbagai jenis reksa dana tersebut ada reksa dana ETF syariah, reksa dana yang unik karena bisa diperdagangkan di bursa efek sehingga fleksibel & efisien karena biaya pengelolaan dan pajaknya lebih optimal, reksa dana ETF syariah juga transparan karena isi portfolio di publikasi setiap hari dan cocok untuk investasi pasif dan jangka panjang. Untuk melihat kinerja reksa dana ETF syariah bisa dilihat dari Nilai Aktiva Bersih Reksa dana yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satu faktor nya adalah variable makro ekonomi karena reksa dana ETF syariah yang dipilih berisi saham-saham syariah maka menurut Teori Tandelin, menyampaikan kurs berdampak terhadap kenaikan biaya impor sehingga profitabilitas emiten menurun dan menurut Teori Keynes, inflasi akan menyebabkan harga-harga naik sehingga laba perusahaan pun akan turun dan apabila suku bunga naik, investor akan memilih alternatif investasi yang memberikan pendapatan yang lebih tinggi dan terakhir menurut Teori Harold-Domar, Pertumbuhan Ekonomi berdampak pada peningkatan pada pendapatan masyarakat yang pada akhirnya akan meningkatkan potensi untuk berinvestasi di reksa dana syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel makro ekonomi seperti kurs, inflasi, pertumbuhan ekonomi, BI Rate masing-masing secara parsial terhadap Nilai Aktiva Bersih reksa dana ETF Syariah, dan kurs, inflasi, pertumbuhan ekonomi, BI Rate terhadap Nilai Aktiva Bersih reksa dana ETF Syariah secara simultan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun penulis memilih Syariah Premier ETF JII sebagai studi kasus penelitian ini dengan jangka waktu dari tahun 2014 sampai tahun 2022. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data sekunder laporan triwulan kurs, inflasi, PDB, BI Rate dan Syariah Premier ETF JII periode 2014-2022. Adapun model penelitian atau alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi pengolah data statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurs memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap nilai aktiva bersih Reksa Dana ETF Syariah, sementara inflasi, pertumbuhan ekonomi, dan BI Rate tidak memiliki pengaruh positif signifikan. Secara simultan, kurs, inflasi, pertumbuhan ekonomi, dan BI Rate secara signifikan mempengaruhi nilai aktiva bersih Reksa Dana Syariah Premier ETF JII.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Nilai Aktiva Bersih; Reksa dana ETF Syariah; Kurs; Inflasi; BI Rate; Pertumbuhan Ekonomi;
Subjects: General Management > Financial Management
General Management > Management of Investment, Capitalization
General Management > Consumer Behavior
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Islam
Depositing User: Hanafi Nugraha
Date Deposited: 15 Aug 2023 04:16
Last Modified: 15 Aug 2023 04:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73491

Actions (login required)

View Item View Item