Pengaruh implementasi kebijakan Peraturan Daerah Nomor 02 tahun 2010 tentang pajak Reklame terhadap efektifitas penerimaan pendapatan asli daerah Kota Bandung

HARDIYANA, CHANDRA SUCI (2015) Pengaruh implementasi kebijakan Peraturan Daerah Nomor 02 tahun 2010 tentang pajak Reklame terhadap efektifitas penerimaan pendapatan asli daerah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (612kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)

Abstract

Pendapatan asli daerah sebagai salah satu sumber penerimaan daerah mempunyai peranan penting dalam pembangunan , pendapatan asli daerah sendiri terdiri dari beberapa sumber pajak, diantaranya adalah pajak reklame, sebagaimana pemerintah Kota Bandung telah mengeluarkan Perda Nomor 02 Tahun 2010 Tentang Pajak Reklame. Dengan adanya peraturan daerah tentang pajak reklame pemerintah Kota Bandung berupaya memaksimalkan sumbersumber hasil pajak daerah untuk meningkatkan hasil pendapatan asli daerah Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh implementasi kebijakan Perda Nomor 02 Tahun 2010 Tentang Pajak Reklame terhadap efektifitas penerimaan pendapatan asli daerah Kota Bandung. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai Dinas Pelayanan Pajak Kota bidang pajak reklame, dengan sampel yang diambil sebanyak 67 orang. Peneliti menggunaan teori Implementasi Kebijakan dari Van Meter dan Van Horn dalam variabel independen (X) dimana teori berjumlah 6 dimensi yaitu ukuran dan tujuan kebijakan, sumberdaya, karakteristik agen pelaksana, disposisi pelaksana, komunikasi antar organisasi dan aktivitas pelaksana dan lingkungan ekonomi, sosial, politik. Dan teori Efektifitas Penerimaan Pendapatan Asli Daerah dari Agus Dharma dalam variabel dependent (Y) dimana teori berjumlah 3 dimensi yaitu, ketetapan waktu, kualitas, dan kuantitas. Metode penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif asosiatif dengan pendekatan kuantitatif, jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, observasi, studi kepustakaan dan penyebaran angket kepada 67 responden. Berdasarkan pengolahan data angket didapatkan hasil mengenai perhitungan pengaruh Implementasi Kebijakan Pajak Reklame terhadap Efektifitas Penerimaan Pendapatan Asli Daerah Kota Bandung yang positif dan signifikan di Dinas Pelayanan Pajak Kota Bandung sebesar 70.9% sehingga dapat disimpulkan terjadi pengaruh yang tinggi secara positif dan signifikan, sedangkan sisanya 29.1% ditentukan oleh faktor yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi kebijakan Perda Nomor 2 tahun 2010
Subjects: Public Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: PKL6 SMKN 11 GARUT
Date Deposited: 19 Oct 2023 03:20
Last Modified: 19 Oct 2023 03:20
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73578

Actions (login required)

View Item View Item