Penerapan pembelajaran ikuiri berbasis argumen untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada konsep sel volta (Penelitian kelas terhadap mahasiswa Pendidikan Kimia Semester II Kelas A UIN Sunan Gunung Djati Bandung)

FADILAH, AGIL (2017) Penerapan pembelajaran ikuiri berbasis argumen untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada konsep sel volta (Penelitian kelas terhadap mahasiswa Pendidikan Kimia Semester II Kelas A UIN Sunan Gunung Djati Bandung). Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (233kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB)
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan pembelajaran inkuiri berbasis argumen untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada konsep sel Volta, dengan menggunakan metode penelitian kelas. Informasi diperoleh dengan mengukur aktivitas mahasiswa selama pembelajaran, penyelesaian mahasiswa pada Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) inkuiri berbasis argumen, serta keterampilan berpikir kritis mahasiswa setelah pembelajaran. Hasil yang diperoleh pada aktivitas mahasiswa selama pembelajaran inkuiri berbasis argumen yaitu rata-rata 96,43%, dengan kategori sangat baik, sedangkan hasil yang didapat pada penyelesaian LKM inkuiri berbasis argumen yaitu rata-rata 76,51 dan dikategorikan sangat baik dengan nilai rata-rata tertinggi 87,50 pada fase 7 exploration of post instruction atau menggali pemahaman setelah pembelajaran, dan nilai terrendah 62,46 pada fase 5 negotiation shape III: comparing science ideas to textbooks or other printed resources atau membandingkan ide sains dengan teori dan adu argumen. Nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis 83,53 dikategorikan sangat baik. Dengan demikian pembelajaran inkuiri berbasis argumen ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada mahasiswa. Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Kritis (KBKr), inkuiri berbasis argumen, sel Volta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: siswa pkl 2
Date Deposited: 29 Dec 2023 02:11
Last Modified: 29 Dec 2023 02:11
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74006

Actions (login required)

View Item View Item