Hubungan supervisi akademik berbasis IT dengan mutu pendidikan madrasah : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Subang

Al-Faridzi, Muhamad Yunan (2023) Hubungan supervisi akademik berbasis IT dengan mutu pendidikan madrasah : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Subang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (203kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy

Abstract

Madrasah sebagai lemabaga pendidikan dituntut memiliki mutu pendidikan yang baik. Mutu pendidikan madrasah erat kaitannya dengan kualitas kinerja pendidik dan tenaga kependidikan yang dimiliki. Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas kinerja pendidik dan tenaga kependidikan yaitu dengan supervisi akademik. Namun, supervisi yang sudah dilakukan masih belum memberikan kontribusi yang maksimal. Sebagain guru masih belum merasakan dampak positif dari kegiatan supervisi akademik. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui supervisi akademik berbasis IT dan mutu pendidikan. (2) Untuk memahami supervisi akademik berbasis IT dalam mutu pendidikan pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Subang. (3) Untuk menganalisis hubungan supersvisi akademik berbasis IT dengan mutu pendidikan Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Subang. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif sudi riset dengan metode deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini didapatkan melalui kuesioner dengan pengukuran data skala likert. Responden penelitian ini adalah pendidik dan tenaga kependidik dari MAN kabupaten Subang sebanyak 102 orang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan (1) Hasil analisis deskriptif variabel supervisi akademik berbasis IT di MAN Kab Subang memperoleh nilai rata-rata sebesar 4.28 dengan kategori sangat tinggi. (2) Hasil analisis deskriptif variabel mutu pendidikan madrasah di MAN Kab Subang memperoleh nilai rata-rata sebesar 4.22 dengan kategori sangat tinggi, pada interval 4.20 – 5.00. (3) Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan SPSS Versi 26 diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.000 kurang dari 0,05, berarti menerima Hipotesis Pertama (Ha), bahwa supervisi akademik berbasis IT memiliki hubungan dengan mutu pendidikan madrasah. Selanjutnya, keeratan hubungan antara komitmen kerja dengan kepusan kerja menghasilkan nilai product pearson sebesar 0. 803 atau 80,3%, teirmasuk pada kateigoiri sangat kuat, pada inteirval 0,80 – 1,00. Kemudian, hasil yang bersifat positif (+) membuktikan bahwa nilai pearson correlations memiliki hubungan yang searah, apabila supervisi akademik berbasis IT semakin baik, maka meningkatkan mutu pendidikan madrasah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Supervisi akademik; Mutu pendidikan madrasah
Subjects: Accounting > Education, Research of Accounting
Athletic and Outdoor Sports > Education, Research of Sports
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muhamad Yunan Al-Faridzi
Date Deposited: 31 Aug 2023 06:51
Last Modified: 31 Aug 2023 06:51
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74184

Actions (login required)

View Item View Item