Sutarman, Nursyifana Raspati (2023) Pengaruh model pembelajaran Three Levels of Inquiry terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem pernapasan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (259kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (879kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (462kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan berpikir kritis diperlukan bagi setiap orang karena seseorang yang berpikir kritis akan cakap berpikir logis, memecahkan masalah dengan baik, dan dapat mengambil keputusan secara logis tentang tindakan yang harus dilakukan dan diyakini. Model pembelajaran three levels of inquiry dapat melatih keterampilan siswa dalam proses berpikir, sehingga akan membiasakan siswa dalam mengoptimalkan atau menngembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi, yang di dalamnya termasuk keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran three levels of inquiry terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem pernapasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan nonequivalent pretest-posttest control group design. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran three levels of inquiry memperoleh hasil persentase sebesar 94% pada kinerja guru da aktivitas siswa. Keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,57 (sedang) dan 0,47 (sedang). Hasil uji hipotesis menggunakan uji t’ memperoleh nilai signifikasi 0,003 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran three levels of inquiry terhadap keterampilan berpikir kritis siswa, serta data tersebut diperkuat dengan peolehan nilai effesct size sebesar 0,26 yang menunjukkan berpengaruh kecil. Hasil data respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model three levels of inquiry memperoleh nilai persentase sebesar 86% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran three levels of inquiry terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem pernapasan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Berpikir Kritis; Pengaruh; Sistem Pernapasan; Three Levels of Inquiry |
Subjects: | Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nursyifana Raspati Sutarman |
Date Deposited: | 30 Aug 2023 03:10 |
Last Modified: | 30 Aug 2023 03:10 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74372 |
Actions (login required)
View Item |