Pengaruh model pembelajaran Three Levels of Inquiry terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem pernapasan

Sutarman, Nursyifana Raspati (2023) Pengaruh model pembelajaran Three Levels of Inquiry terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem pernapasan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (259kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (879kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berpikir kritis diperlukan bagi setiap orang karena seseorang yang berpikir kritis akan cakap berpikir logis, memecahkan masalah dengan baik, dan dapat mengambil keputusan secara logis tentang tindakan yang harus dilakukan dan diyakini. Model pembelajaran three levels of inquiry dapat melatih keterampilan siswa dalam proses berpikir, sehingga akan membiasakan siswa dalam mengoptimalkan atau menngembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi, yang di dalamnya termasuk keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran three levels of inquiry terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem pernapasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan nonequivalent pretest-posttest control group design. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran three levels of inquiry memperoleh hasil persentase sebesar 94% pada kinerja guru da aktivitas siswa. Keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,57 (sedang) dan 0,47 (sedang). Hasil uji hipotesis menggunakan uji t’ memperoleh nilai signifikasi 0,003 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran three levels of inquiry terhadap keterampilan berpikir kritis siswa, serta data tersebut diperkuat dengan peolehan nilai effesct size sebesar 0,26 yang menunjukkan berpengaruh kecil. Hasil data respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model three levels of inquiry memperoleh nilai persentase sebesar 86% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran three levels of inquiry terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem pernapasan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berpikir Kritis; Pengaruh; Sistem Pernapasan; Three Levels of Inquiry
Subjects: Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Nursyifana Raspati Sutarman
Date Deposited: 30 Aug 2023 03:10
Last Modified: 30 Aug 2023 03:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74372

Actions (login required)

View Item View Item