Pengaruh kompetensi terhadap kinerja PPID Kabupaten Purwakarta dalam pemenuhan Keterbukaan Informasi Publik di Kabupaten Purwakarta

Yashyfa, Aghnia Maulidina (2023) Pengaruh kompetensi terhadap kinerja PPID Kabupaten Purwakarta dalam pemenuhan Keterbukaan Informasi Publik di Kabupaten Purwakarta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (705kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (895kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (895kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy

Abstract

Masalah yang diidentifikasi adalah kurang terpenuhinya kuantitas kerja yang mana masih banyak badan publik di Kabupaten Purwakarta yang belum sepenuhnya membuka informasi publik yang seharusnya dibuka kepada publik sebagaimana UU No 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik. Penelitian ini bertujuan mengetahui berapa besaran pengaruh dari pengetahuan, kemahiran, kemampuan, dan karakteristik lainnya terhadap kinerja secara parsial (satu persatu) dan juga secara simultan (bersama-sama). Penelitian ini menggunakan teori kompetensi menurut Saleh, et al (2013) yang dimensinya meliputi: (1) Pengetahuan; (2) Kemahiran; (3) Kemampuan; (4) Karakteristik lainnya. Sedangkan untuk kinerja, menggunakan teori kinerja menurut Bangun (2012) yaitu kuantitas kerja, kualitas kerja, ketepatan waktu, kehadiran, dan kemampuan kerja sama. Metode penelitian yang digunakan adalah metode assosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Dengan mendapat data dari hasil observasi, dokumentasi, dan kuesioner yang didistribusikan kepada 27 responden dengan menggunakan model dan pengukuran skala likert yang terdapat alternatif atau pilihan jawaban yang berjumlah lima. Teknik analisi datanya berupa analisis statistik deskriptif, uji instrumen penelitian (uji validitas dan uji reliabilitas), dan uji hipotesis penelitian (uji korelasi, uji analisis regresi linier sederhana, uji koefisien determinasi, serta uji T dan uji F). Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pengetahuan secara parsial berpengaruh terhadap kinerja dengan presentase pengaruh sebesar 20,2%; (2) Kemahiran secara parsial berpengaruh terhadap kinerja dengan presentase pengaruh sebesar 45%; (3) Kemampuan secara parsial berpengaruh terhadap kinerja dengan presentase pengaruh sebesar 83,6%; (4) Karakteristik lainnya secara parsial berpengaruh terhadap kinerja dengan presentase pengaruh sebesar 64,3%; (5) Pengetahuan, kemahiran, kemampuan, dan karakteristik lainnya secara simultan berpengaruh terhadap kinerja PPID Kabupaten Purwakarta dengan presentase pengaruh sebesar 85,5%. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 14,5% dipengaruhi oleh faktor lain selain dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi; Kinerja; Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja
Subjects: Public Administration
Public Administration > Public Administration in Indonesia
General Management
General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Aghnia Maulidina
Date Deposited: 31 Aug 2023 07:37
Last Modified: 31 Aug 2023 07:37
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74380

Actions (login required)

View Item View Item