Implementasi Etika Bisnis Islam Pada UMKM Berbasis Digital : Studi Kasus UMKM Industri Makanan Uma Food

Fadilah, Tiara (2023) Implementasi Etika Bisnis Islam Pada UMKM Berbasis Digital : Studi Kasus UMKM Industri Makanan Uma Food. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (727kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (454kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy

Abstract

Islam menghalalkan jual beli termasuk juga bisnis, namun bagaimana seharusnya seorang muslim berusaha dalam dunia bisnis agar mendapatkan berkah dari Allah Swt di dunia maupun di akhirat. Aturan bisnis Islam menjelaskan berbagai hal yang harus dilakukan oleh para pebisnis muslim, diharapkan bisnis tersebut akan maju dan berkembang pesat karena selalu mendapatkan berkah dari Allah Swt. Disetiap kegiatan bisnis bukan hanya untuk mencapai tujuan bisnis itu sendiri seperti mendapatkan keuntungan yang besar, melainkan ingin menumbuhkan kedisiplinan dan nilai kejujuran dalam praktisi bisnis. Jika setiap praktisi bisnis menerapkan kedisiplinan dan mempunyai nilai kejujuran yang baik maka nilai perusahaan di mata masyarakat luas akan baik. Semakin besarnya kesadaran etika dalam berbisnis, kebaikan dan kesuksesan serta kemajuan suatu bisnis tergantung pada kesungguhan dan ketekunan para pelaku bisnis tersebut (Harahap, 2017). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana pemahaman owner Toko Uma Food tentang etika bisnis islam (2) mengetahui bagaimana implementasi etika bisnis Islam pada Toko Uma Food (3) mengetahui bagaimana hasil penerapan etika bisnis islam pada Toko Uma Food. Metode penelitian yang di gunakan adalah metode penelitian dengan mengunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis data yang di gunakan data primer yang di peroleh secara langsung melalui wawancara kepada Owner dan Karyawan, melakukan observasi menggunakan internet pada online shop Uma_Food di Tiktok Shop. Data sekunder di peroleh melalui buku-buku, website, arsip pendukung yang berkaitan dengan pokok pembahasan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulan bahwa (1) Pemahaman owner toko Uma Food tentang etika bisnis Islam hanya secara garis besar saja namun menurut owner pentingnya etika bisnis Islam untuk diterapkan sangatlah penting mereka paham mana yang benar dan mana yang salah. Dengan cara memberikan pelayanan kepada pembeli dengan sifat jujur, sikap ramah, dan sopan satun (2) Implementasi etika bisnis Islam pada Toko Uma Food sudah diterapkan dengan cukup baik. Hal ini terbukti dari segi kejujuran, bertanggung jawab, cerdas, ramah dan komunikatif. Dapat dilihat juga dari segi karyawan yang melakukan kegiatan rutin sebelum bekerja yaitu berdoa, serta memberikan waktu setiap karyawan untuk shalat tepat waktu. owner Toko Uma Food juga menekankan memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan. Kemudian dilihat dari segi produk mereka setiap harinya menggunakan bahan makanan yang baru dan segar sehingga tidak diragukan lagi kualitas makanan yang ada di Toko Uma Food (3) Etika bisnis yang dilakukan di Toko Uma Food pada umumnya telah sesuai dengan etika bisnis yang di contohkan oleh Rasulullah Saw, Seperti dalam menjaga kualitas makanan, melayani konsumen dengan ramah dan baik, tidak melupakan ibadah, melakukan kegiatan rutin setiap harinya sebelum bekerja yaitu berdoa, bekerja keras serta produk yang dijual tidak termasuk produk yang dilarang dalam Islam, dan hasil yang dirasakan langsung oleh owner sendiri adalah dimana costumer merasa sangat puas dalam pembelian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: UMKM; Etika Bisnis Islam; Pelayanan
Subjects: Occupational Ethics > Business Ethics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Tiara Fadilah
Date Deposited: 04 Sep 2023 01:51
Last Modified: 04 Sep 2023 01:51
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74592

Actions (login required)

View Item View Item