Aulia, Nida (2023) Pengaruh sosial, gaya hidup, dan nilai harga terhadap penggunaan Shopee Paylater : Survei pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf Download (609kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (833kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (722kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (999kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka..pdf Restricted to Registered users only Download (388kB) | Request a copy |
Abstract
Shopee merupakan aplikasi yang menerapkan pembayaran paylater. Shopee paylater banyak diminati konsumen sesuai riset yang telah diteliti. Shopee memiliki sasaran yang berfokus pada kalangan muda. pengaruh sosial terhadap pengguna shopee paylater mempengaruhi ketergantungan konsumen berbelanja. Pengaruh gaya hidup terhadap pengguna shopee paylater dapat dilihat dari kebiasaan-kebiasaan pola konsumsi untuk memenuhi gaya hidup dapat menimbulkan perilaku konsumtif. Pengaruh nilai harga terhadap penggunaan shopee paylater yaitu dengan mempertimbangkan manfaat dari setiap produk sesuai dengan harga dari setiap aplikasi perdagangan online ataupun nilai harga setiap momen diskonan . Dalam islam hutang piutang diperbolehkan tetapi harus sesuai dengan syariah islam. Peneliti mengambil responden mahasiswa Fakultas Ekonomi Islam Universitas Islam Negeri Bandung karena mahasiswa tersebut sudah paham tentang dasar-dasar konsumsi dalam islam maka dapat menunjang penelitian yang akan dibuat peneliti. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan shopee paylater pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Bandung dapat dikatakan signifikan atau tidak secara parsial maupun secara simultan. Metode yang digunakan penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel yang diteliti sebanyak 342 mahasiswa yang menggunakan shopee paylater sesuai dengan rumus slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, angket (kuesioner) yang disebarkan kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Analisis statistik penelitian ini dibantu oleh aplikasi stata 14.2 diantaranya yaitu uji validitas, reliabilitas, uji asumsi dasar, uji hipotesis, dan koefisien determinan (R2) . Berdasarkan hasil penelitian hipotesis dengan bantuan stata 14,2. dari hasil uji t variabel pengaruh sosial (X1) berpengaruh signifikan terhadap penggunaan shopee paylater pada mahasiswa, variabel gaya hidup (X2) berpengaruh signifikan terhadap penggunaan shopee paylater pada mahasiswa diterima, dan variabel nilai harga (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap penggunaan shopee paylater (Y) pada mahasiswa. Sedangkan hasil dari uji f variabel pengaruh sosial (X1), gaya hidup (X2), dan nilai harga (X3) berpengaruh signifikan terhadap penggunaan shopee paylater (Y) pada mahasiswa maka secara simultan diterima. Dan hasil perhitungan koefisien determinan (R2) adalah 62,5% dipengaruhi dari variabel yang diteliti dan sisanya 37,5% tidak diteliti.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh Sosial; Gaya Hidup; Nilai Harga; Shopee Paylater |
Subjects: | Islam Financial Economics, Finance > Credit Commerce, Trade |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Nida Aulia |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 01:08 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 01:08 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74630 |
Actions (login required)
View Item |