Peran pembiasaan shalat dhuha terhadap akhlak: Studi kasus kepada siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al-Huda Bojong Koneng Rancaekek

Kusumawati, Tries Regina (2023) Peran pembiasaan shalat dhuha terhadap akhlak: Studi kasus kepada siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al-Huda Bojong Koneng Rancaekek. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (708kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (980kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari fenomena yang terjadi sekarang ini adalah terjadinya krisis akhlak. Kenyataannya masyarakat di Indonesia, khususnya anak-anak dan remaja saat ini kurang dibekali dengan pembinaan akhlak yang menimbulkan banyaknya permasalahan yang timbul di lingkungan masyarakat. Salah satunya adalah kurang terbinanya akhlak di kalangan siswa. Maka dari itu, memberikan pendidikan shalat pada siswa menjadi tugas bagi guru. Pendidikan shalat yang di berikan tidak hanya shalat wajib saja, akan tetapi perlu juga ditanamkan pembiasaan pada siswa untuk melaksanakan shalat sunah termasuk diantaranya shalat dhuha karena masih banyak siswa pada khusunya dan masyarakat pada umumnya yang belum mengerti benar dan mengabaikan shalat sunah khususnya shalat dhuha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran akhlak siswa di MI Al-Huda Bojong Koneng Rancaekek, untuk mengetahui pelaksanaan pembiasaan shalat dhuha pada pembinaan akhlak siswa di MI Al-Huda Bojong Koneng Rancaekek, untuk mengetahui pengaruh dari pembiasaan sholat dhuha dalam pembinaan akhlak siswa di MI Al-Huda Bojong Koneng Rancaekek. Pembinaan akhlak dinilai sangat penting untuk memberikan bimbingan, pengawasan, pengajaran akhlak kepada siswa. Tujuannya agar siswa mampu membedakan mana yang baik dan yang buruk. Dengan pembiasaan shalat dhuha yang dilaksanakan di MI Al-Huda Bojong Koneng Rancaekek diharapkan dapat menghasilkan akhlak yang mulia pada siswa. Apabila shalat dhuha menghasilkan serangkaian perbuatan seperti kesahajaan, imam dan ma’mum sama-sama berada dalam satu tempat tidak saling berebut jadi imam, selesai shalat berjabat tangan, dan seterusnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif menggunakan desain penelitian studi kasus, maksudnya adalah penelitian tersebut difokuskan pada satu fenomena saja yang dipilih dan ingin dipahami secara mendalam dengan mengabaikan fenomena-fenomena lainnya. Satu fenomena tersebut dapat berupa seorang pemimpin sekolah atau pimpinan pendidikan, sekelompok siswa, suatu program, suatu proses, satu penerapan kebijakan, atau satu konsep. Penelitian diatas memperoleh hasil bahwa, pelaksanaan shalat dhuha di MI Al-Huda Bojong Koneng Rancaekek sudah berjalan sebagaimana mestinya. Demikian halnya dengan gambaran akhlak siswa, pelaksanaan pembiasaan shalat dhuha dan dampak dari pelaksanaan shalat dhuha terhadap akhlak anak pun juga sudah dirasakan khusunya oleh siswa dan umumnya oleh guru. Dari hasil penelitian penulis dapat menyimpulkan bahwa pembiasaan shalat dhuha membawa banyak sekali dampak positif bagi kehidupan sehari-hari khusunya untuk siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Shalat; Shalat Dhuha; Krisis Akhlak; Siswa; Guru.
Subjects: Islam > Islamic Worship
Elementary Education > Elementary School
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Tries Regina
Date Deposited: 05 Sep 2023 07:02
Last Modified: 05 Sep 2023 07:02
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75024

Actions (login required)

View Item View Item