Studi atas konten Youtube dakwah Pemuda Tersesat dalam tinjauan filsafat etika Emmanuel Levinas

Haq, Muhammad Iqbal Muttabiul (2023) Studi atas konten Youtube dakwah Pemuda Tersesat dalam tinjauan filsafat etika Emmanuel Levinas. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. COVER.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4. BAB I.pdf

Download (633kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAPUS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy

Abstract

Tingkah laku buruk dalam hubungan sosial dan informasi yang beragam di media sosial, termasuk berita jujur dan hoax, serta konten edukatif dan non-edukatif, kini menjadi perhatian utama. Fenomena ini terutama berdampak negatif pada anak muda yang rentan terpapar polarisasi konten di internet. Konsep etika Levinas relevan dalam konteks ini, menekankan tanggung jawab terhadap individu lain dalam relasi. Namun, tidak semua konten internet sesuai dengan gambaran tersebut. Contoh positif adalah serial "Pemuda Tersesat", yang memberikan refleksi positif melalui konten dakwah Islam di YouTube. Konten ini memberikan pemahaman agama dan spiritualitas kepada pemuda dengan cara yang menghibur dan berdialog. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep Etika Tanggung Jawab pada Konten Youtube Dakwah Pemuda Tersesat. Hal ini mencakup (1) Untuk mengenal konsep Etika Tanggung Jawab menurut Emmanuel Levinas. (2) Untuk mengetahui Gambaran Relasi antar manusia yang di bangun pada Konten – Konten Pemuda Tersesat. (3) Untuk mengetahui Etika Tanggung Jawab Emmanuel Levinas dalam seri konten dakwah Pemuda Tersesat. Peneliti mengunakan Metodologi Studi Sistematis-Refleksif dalam mendalami studi ini. Penelitian studi sistematis-refleksif adalah penelitian yang bersifat penghayatan pada metode filsafat yang kemudian dikaitkan pada fenomena yang ada. Dalam penelitian ini penulis mencoba mengambil penghayatan pada konsep Etika Tanggung Jawab Emmanuel Levinas yang dikaitkan dengan suatu fenomena Konten Youtube Dakwah Pemuda Tersesat. Hasil Pembahasan dan Penelitian dapat dijelaskan bahwa secara umum Konten Dakwah Pemuda Tersesat menggambarkan unsur - unsur Etika Tanggung Jawab yang dikonsepsikan oleh Levinas. Etika Tanggung Jawab tersebut diantaranya adalah bersifat Penolakan Totalitas, Bertransendensi kepada Yang Lain dan Berelasi dengan bentuk yang Asimetris. Konten tersebut memiliki beberapa karakteristik yang menjadi dasarnya, yaitu adalah berupa Ceramah yang berkesan tidak menggurui, Dialog bergaya komedik dan cara berfashion yang sesuai dengan hadirnya wajah Pemuda masa kini. Hal tersebut menjadi tolok ukur bahwa yang demikian selaras dengan apa yang di konsepsikan Etika Tanggung Jawab Levinas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Etika Tanggung Jawab; Levinas; Pemuda Tersesat.
Subjects: Ethics, Moral Philosophy
Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Aqidah Filsafat
Depositing User: Muhammad Iqbal Muttabiul Haq
Date Deposited: 05 Sep 2023 04:44
Last Modified: 05 Sep 2023 04:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75122

Actions (login required)

View Item View Item