Pengaruh strategi pemasaran terhadap peningkatan pencapaian pendapatan pada produk tabungan iB Maslahah di bank bjb syariah periode 2017-2021

Rabbany, Ikhwal Malak (2023) Pengaruh strategi pemasaran terhadap peningkatan pencapaian pendapatan pada produk tabungan iB Maslahah di bank bjb syariah periode 2017-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (847kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, dunia perbankan di Indonesia juga semakin berkembang. Sekarang tidak hanya didominasi oleh Bank konvensional saja, akan tetapi banyak bermunculan Bank yang berprinsip syariah. Kemunculan Perbankan Syariah di Indonesia dilandasi oleh keinginan masyarakat untuk melaksanakan kegiatan atau transaksi ekonomi dan perbankan yang sejalan dengan nilai-nilai dan prinsip-prinsip syariah. Strategi pemasaran adalah tindakan terukur yang bertujuan agar produk perusahaan dikenal masyarakat luas. Strategi pemasaran adalah seperangkat langkah bisnis yang telah digabungkan pada tingkat presentasi produk untuk menarik konsumen untuk membeli sebuah produk Strategi pemasaran yang komprehensif mencakup 4P, yaitu: product, price, place dan promotion. Dari sini dapat diketahui bahwa ruang lingkup strategi pemasaran mulai dari proses pembentukan produk hingga ke pasar sasaran, yang juga mempengaruhi harga produk (price) serta produk yang akan dipasarkan dimana dan dari media apa dari situ konsumen akan mengenali produk kita. Tujuan penelitian adalah mengetahui bagaimana pengaruh strategi pemasaran (produk, promosi, harga dan lokasi) terhadap pencapaian peningkatan pendapatan pada Produk Tabungan iB Maslahah di bank syariah. Dan untuk mengetahui apakah ada variabel antara (produk, promosi, harga dan lokasi) yang paling berpengaruh terhadap pencapaian peningkatan pendapatan pada Produk Tabungan iB Maslahah di bank bjb syariah Jenis penelitian ini merupakan deskriptif, karena untuk menguji pengaruh bauran strategi pemasaran (product, promotion, place dan price) terhadap peningkatan jumlah pencapaian pendapatan pada produk penghimpunan dana bank bjb syariah. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif, karena jenis data yang dikumpulkan adalah data yang berupa angka-angka dan analisisnya adalah analisis statistik. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh signifikan antara Strategi Pemasaran terhadap Peningkatan Pencapaian Pendapatan produk iB maslahah bank bjb syariah. Strategi pemasaran memiliki pengaruh sebesar 52,1 % dan sisanya 47,9 % dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil uji parsial (Uji T) menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,00<0,05. Dan nilai thitung untuk variabel Strategi Pemasaran yaitu 21,74 > 1,967, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara Strategi Pemasaran terhadap Peningkatan Pencapaian Pendapatan produk iB maslahah bank bjb syariah. Dan yang kedua variabel strategi pemasaran pada produk menjadi yang paling berpengaruh dalam peningkatan pencapaian pendapatan karena menjadi yang paling banyak mendapat poin positif dari semua responden.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bank Syariah; Strategi Pemasaran; Tabungan
Subjects: Econmics > Research Methods of Economic
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Ikhwal Malak Rabbany
Date Deposited: 06 Sep 2023 02:48
Last Modified: 06 Sep 2023 02:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75173

Actions (login required)

View Item View Item