Inovasi Pelayanan Publik melalui Mal Pelayanan Publik Kota Bandung

Sunaryadi, Reynaldi (2023) Inovasi Pelayanan Publik melalui Mal Pelayanan Publik Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (269kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy

Abstract

Pelayanan publik merupakan aktivitas pelayanan yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan publik sebagai penduduk yang sesuai dengan standar pelayanan. Dengan adanya perbedaan yang cukup jauh dalam persentase kepatuhan terhadap standar pelayanan publik pada tingkat kementrian dengan daerah, dibutuhkan suatu inovasi dalam lingkup pelayanan publik yang dapat menjadi solusi dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Oleh karena itu, Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bandung menyelenggarakan Mal Pelayanan Publik Kota Bandung sebagai bentuk inovasi yang dilakukan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat Kota Bandung dengan mengadaptasi metode Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana inovasi pelayanan publik melalui Mal Pelayanan Publik Kota Bandung. Dalam mengkaji permasalahan penelitian, peneliti menggunakan teori tipologi inovasi sektor publik dari Khairul Muluk yang memiliki dimensi produk layanan, proses layanan, metode pelayanan, strategi dan sistem. Sehingga dapat diketahui bagaimana keberhasilan inovasi pelayanan publik melalui Mal Pelayanan Publik Kota Bandung menggunakan tipologi inovasi sektor publik. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dari Creswell. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari mengolah dan pengarsipan data, membaca seluruh data, memulai coding data, menerrapkan proses coding, penyajian data dan pembuatan interpretasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa Mal Pelayanan Publik Kota Bandung dalam perspektif tipologi inovasi sektor publik telah berhasil menjadi sebuah inovasi pelayanan publik. Namun dalam penyelenggaraannya masih ditemukan permasalahan yang harus diperbaiki diantaranya bentuk organisasi yang belum menjadi Unit Pelaksana Teknis dan sikap dari petugas pelayanan yang bertugas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik; Inovasi pelayanan; Mal Pelayanan Publik Kota Bandung
Subjects: International Relations > Foreign Policy, International Politics
Specific Field of Public Administration > Administration of Services to Domestic Order
Office Services > Office Services in Specific Kinds of Enterprises
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Reynaldi Sunaryadi
Date Deposited: 06 Sep 2023 00:36
Last Modified: 06 Sep 2023 00:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75209

Actions (login required)

View Item View Item