Pengaruh pembiasaan shalat tahajud terhadap Self Efficacy dalam menyelesaikan tugas akhir skripsi : Studi kasus mahasiswa akhir Tasawuf Psikoterapi angkatan 2019

Yulianti, Fauziyyah (2023) Pengaruh pembiasaan shalat tahajud terhadap Self Efficacy dalam menyelesaikan tugas akhir skripsi : Studi kasus mahasiswa akhir Tasawuf Psikoterapi angkatan 2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (719kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (897kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (894kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangin oleh mahasiswa akhir yang sedang menyelesaikan tugas akhir skripsinya. Yang pastinya memiliki impian untuk bisa menyelesaikannya dengan baik, aman, dan tepat waktu. Namun banyaknya kendala yang dihadapi membuat perjalan skripsi tidak semudah itu. Kurangnya keyakinan terhadap kemampuan yang dimiliki dalam diri menjadi salah satu kendala yang terjadi dalam menyelesaikan tugas akhir skripsi tersebut. Konsep teori yang digunakan dalam shalat tahajud ialah dari yang dijelaskan oleh Muhammad Shalih Ali Abdillah Ishaq dalam kitabnya yaitu mengartikan shalat tahajud sebagai qiyamul lail dengan arti menghidupkan malam, terutama disepertiga malam terakhir, karena shalat tahajud ini merupakan shalat yang utama setelah shalat fardhu, dan dengan kita mengerjakannya maka kita akan mendapatkan banyak manfaat dan keutamaan didalamnya, yang mana nantinya akan berpengaruh pada diri sendiri. Sedangkan dalam self efficacy menggunakan teori dari Bandura, yang menjelaskan bahwa self efficacy ini merupakan keyakinan pada diri seseorang terhadap kemapuan yang dimilikinya untuk bisa melakukan tugas tertentu dan menyelesaikannya dengan baik dan tepat. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode kuantitatif deskriptif. Sampel populasi yang diambil dari seluruh mahasiswa akhir Tasawuf Psikoterapi angkatan 2019 ialah 42 responden. Dengan instrumen penelitian yang berupak angket/kuesioner yang disebar melalui google form kepada teman-teman angkatan. Hal ini untuk mengetahui berapa besaran pengaruh dari variabel shalat tahajud terhadap variabel self efficacy yang dilakukan dengan menggunakan uji regresi linear sederhana, uji signifikansi, dan uji koefisien determinasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh dari pembiasaan shalat tahajud terhadap self efficacy mahasiswa akhir yang sedang menyelesaikan tugas akhir skripsi dengan signifikansi 0,026 < 0,05. Untuk gambaran pembiasaan shalat tahajud bagi mahasiswa akhir dari seluruh responden dengan presentase 42% berada pada tingkataan yang baik, sedangkan untuk gambaran self efficacy (efikasi diri) dengan presentase sebesar 50,8% dari seluruh responden juga berada pada tingkatan yang baik. Selanjutnya, berdasarkan presentase koefisien determinasi diketahui bahwa variabel shalat tahajud mempengaruhi pada variabel self efficacy dengan presentase sebesar 12,3%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Shalat Tahajud; Self Efficacy; Mahasiswa
Subjects: Psychology
Islam > Salat
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Shalat Sunnah
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: fauziyyah yulianti
Date Deposited: 07 Sep 2023 12:38
Last Modified: 07 Sep 2023 12:38
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75315

Actions (login required)

View Item View Item