Penerapan media Video Animasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi menjauhi pergaulan bebas dan perbuatan zina : Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas X DKV SMK Bakti Nusantara 666 Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

Lestari, Intan (2023) Penerapan media Video Animasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi menjauhi pergaulan bebas dan perbuatan zina : Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas X DKV SMK Bakti Nusantara 666 Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAIBP materi menjauhi pergaulan bebas dan perbuatan zina di kelas X DKV SMK Bakti Nusantara 666 . Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai 65,29 di bawah strandar KKM yaitu 75. yang disebabkan pembelajaran kurang menarik dan siswa kurang termotivasi untuk mengikuti pembelajaran, karena guru hanya menggunakan media buku dan metode konvensional sehingga pembelajaran bersifat monoton dan membosankan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Hasil belajar siswa sebelum penerapan video animasi pada pembelajaran PAIBP materi menjauhi pergaulan bebas dan perbuatan zina, (2) Proses penerapan media video animasi pada pembalajaran PAIBP materi menjauhi pergaulan bebas dan perbuatan zina, ( 3) Peningkatan hasil belajar setelah penerapan media video animasi pada pembelajaran PAIBP materi menjauhi pergaulan bebas dan perbuatan zina di kelas X DKV SMK Bakti Nusantara 666. Media pembelajaran video animasi alam proses pembelajaran mampu memberikan kemudahan kepada guru untuk memaparkan informasi mengenai materi yang komplek dan menggunakan menggunakan lebih dari satu media yang digabungkan meliputi audio dan visual, dapat menarik perhatian dan fokus siswa yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAIBP. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan dilakukan 3 siklus I prasiklus. Langkah-langkah penelitian yang dilakukan terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, Tes dan Dokumentasi Adapun analisis datanya menggunakan statistik sederhana.yaitu menghitung hasil aktivitas siswa dan menghitung hasil tes siswa pada setiap siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa : (1) sebelum menggunakan media video animasi rata-rata nilai siswa 65,29 ini dibawah standar KKM yaitu 75. (2) proses penerapan media video animasi mengalami peningkatan pada setiap silus. Dari hasil observasi aktivitas siklus I diperoleh persentase guru 73,84% dan aktivitas ssiwa 66,15%, pada siklus II aktivitas guru 78,46% dan aktivitas siswa 76,92%, pada siklus III aktivitas guru 86,15% dan aktivitas siswa 87,69% dan (3) setelah penerapan media video animasi hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 72,41, pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 74,71, dan pada siklus III diperoleh nilai rata-rata 82,94. Sehingga penerapan media video animasi pada mata pelajaran PAIBP dapat dikatakan meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas X DKV SMK Bakti Nusantara 666 Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Video Animasi; Hasil Belajar Siswa
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Adult Education > Adult Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Intan Lestari
Date Deposited: 06 Sep 2023 06:51
Last Modified: 06 Sep 2023 06:51
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75433

Actions (login required)

View Item View Item