Pengaruh Problem Based Learning berbantu Nearpod terhadap keterampilan argumentasi peserta didik pada materi perubahan lingkungan

Puspitaningsih, Indah (2023) Pengaruh Problem Based Learning berbantu Nearpod terhadap keterampilan argumentasi peserta didik pada materi perubahan lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (381kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf

Download (334kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi keterampilan argumentasi peserta didik masih rendah dikarenakan belum menghadapi pembelajaran berbasis masalah yang dibantu dengan media. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model Problem Based Learning berbantu Nearpod terhadap keterampilan argumentasi pada materi perubahan lingkungan. Metode dalam penelitian ini digunakan quasi experimental dengan jenis desain non-equivalent control group menerapkan dua kelas X MIPA 1 dan X MIPA 7 dengan subjek penelitian sebanyak 39 peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa soal uraian berjumlah 15 item. Analisis data menggunakan SPSS versi 26. Data hasil keterampilan argumentasi berupa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 66,64 sedangkan nilai posttest kelas kontrol yaitu 61,33. Hasil argumentasi peserta didik mengalami peningkatan dengan nilai N-Gain kelas eksperimen 0,38 dan kelas kontrol 0,32. Uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi 0,022<0,05 maka dapat disimpulkan model Problem Based Learning berbantu Nearpod berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan argumentasi peserta didik pada materi perubahan lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Argumentasi; Nearpod; Perubahan Lingkungan; Problem based learning
Subjects: Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Indah Puspitaningsih
Date Deposited: 07 Sep 2023 05:46
Last Modified: 07 Sep 2023 05:46
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75670

Actions (login required)

View Item View Item