Puspitaningsih, Indah (2023) Pengaruh Problem Based Learning berbantu Nearpod terhadap keterampilan argumentasi peserta didik pada materi perubahan lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (395kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf Download (381kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (551kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) | Request a copy |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Download (334kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi keterampilan argumentasi peserta didik masih rendah dikarenakan belum menghadapi pembelajaran berbasis masalah yang dibantu dengan media. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model Problem Based Learning berbantu Nearpod terhadap keterampilan argumentasi pada materi perubahan lingkungan. Metode dalam penelitian ini digunakan quasi experimental dengan jenis desain non-equivalent control group menerapkan dua kelas X MIPA 1 dan X MIPA 7 dengan subjek penelitian sebanyak 39 peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa soal uraian berjumlah 15 item. Analisis data menggunakan SPSS versi 26. Data hasil keterampilan argumentasi berupa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 66,64 sedangkan nilai posttest kelas kontrol yaitu 61,33. Hasil argumentasi peserta didik mengalami peningkatan dengan nilai N-Gain kelas eksperimen 0,38 dan kelas kontrol 0,32. Uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi 0,022<0,05 maka dapat disimpulkan model Problem Based Learning berbantu Nearpod berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan argumentasi peserta didik pada materi perubahan lingkungan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Argumentasi; Nearpod; Perubahan Lingkungan; Problem based learning |
Subjects: | Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Indah Puspitaningsih |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 05:46 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 05:46 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75670 |
Actions (login required)
View Item |