Aulia, Mukrimah (2023) Peranan penggunaan aplikasi Sosiometri dalam layanan bimbingan dan konseling terhadap peningkatan konsep Hablum Min Naas : Studi kasus kepada peserta didik Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam hal meningkatkan kemampuan bersosial dan mengetahui keadaan hubungan sosial suatu kelompok layanan bimbingan konseling menggunakan instrumen sosiometri. Selanjutnya hasil aplikasi instrumentasi sosiometri di analisis dan dilakukan evaluasi yang kemudian melalui layanan bimbingan dan konseling untuk memberikan treatment khusus serta tindakan kepada peserta didik dengan tepat agar peserta didik mendapatkan konsep aktualisasi diri yang perlu diungkap melalui konsep hablu min naas karena jiwa peserta didik yang cerdas dalam arti mengembangkan kecerdasan emosional, yang bermanfaat untuk kesehatan jiwa dan kualitas hidup yang lebih baik. Selain mempelajari cara bertindak positif terhadap hal-hal yang buruk, sangat penting untuk belajar bekerja sama, bersinergi, menolong, dan saling memuaskan. Pada akhirnya, jiwa peserta didik juga akan lebih baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui mengetahui layanan BK di MAN 2 Kota Bandung dalam meningkatkan konsep hablum min naas kepada peserta didik, gambaran perilaku hablu min naas peserta didik dan peranan sosiometri dalam layanan BK untuk meningkatkan konsep hablu min naas kepada peserta didik MAN 2 Kota Bandung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan instrumen sosiometri sangat berperan dalam meningkatkan konsep hablum min naas setelah melaksanakan konseling individu dan bimbingan kelompok yang layanan BK MAN 2 Kota Bandung laksanakan. Konsep hablum min naas meningkat apabila peserta didik memahami serta menerima dirinya sendiri.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sosiometri; Bimbingan dan Konseling; Hablum Min Naas. |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi |
Depositing User: | Mukrimah Aulia |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 08:43 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 08:43 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75744 |
Actions (login required)
View Item |