Shobirin, A.A (2023) Penerapan Flipped Classroom dengan pendekatan STEAM pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (394kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (476kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (584kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (525kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan LKPD, menganalisis hasil belajar kemampuan berpikir tingkat tinggi setelah penerapan flipped classroom dengan pendekatan STEAM pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dan kualitatif dengan desain one group pretest posttest. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas X G MAN 1 Garut dengan jumlah 34 siswa. Instrumen yang digunakan berupa LKPD, soal pretest posttest, dan lembar penilaian sikap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan LKPD menghasilkan nilai yang beragam pada setiap tahapan. Perolehan nilai rata-rata dari yang terendah hingga tertinggi berturut-turut adalah tahap merumuskan masalah dengan rata-rata 80, tahap menyusun hipotesis dengan rata-rata 80, tahap menentukan alat dan bahan dengan rata-rata 77,5, tahap merancang prosedur dengan rata-rata 71,25, tahap mengumpulkan data pengamatan dengan rata-rata 85, tahap menjawab pertanyaan dengan rata-rata 74,5, tahap membuat kesimpulan dengan rata-rata 78,75, dan tahap membuat video dengan rata-rata 62,5. Peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan tergolong sedang dengan nilai n-gain sebesar 0,45. Nilai sikap siswa selama pembelajaran menghasilkan nilai rata-rata 80,69. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan flipped classroom dengan pendekatan STEAM meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada peserta didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Flipped Classroom; STEAM; Elektrolit dan Non Elektrolit; Berpikir Tingkat Tinggi |
Subjects: | Education Elementary Education > Science for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | A.A Shobir Aashob Eneng Yayah |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 12:52 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 12:52 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75785 |
Actions (login required)
View Item |