Penerapan Flipped Classroom dengan pendekatan STEAM pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi

Shobirin, A.A (2023) Penerapan Flipped Classroom dengan pendekatan STEAM pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (476kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan LKPD, menganalisis hasil belajar kemampuan berpikir tingkat tinggi setelah penerapan flipped classroom dengan pendekatan STEAM pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dan kualitatif dengan desain one group pretest posttest. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas X G MAN 1 Garut dengan jumlah 34 siswa. Instrumen yang digunakan berupa LKPD, soal pretest posttest, dan lembar penilaian sikap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan LKPD menghasilkan nilai yang beragam pada setiap tahapan. Perolehan nilai rata-rata dari yang terendah hingga tertinggi berturut-turut adalah tahap merumuskan masalah dengan rata-rata 80, tahap menyusun hipotesis dengan rata-rata 80, tahap menentukan alat dan bahan dengan rata-rata 77,5, tahap merancang prosedur dengan rata-rata 71,25, tahap mengumpulkan data pengamatan dengan rata-rata 85, tahap menjawab pertanyaan dengan rata-rata 74,5, tahap membuat kesimpulan dengan rata-rata 78,75, dan tahap membuat video dengan rata-rata 62,5. Peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan tergolong sedang dengan nilai n-gain sebesar 0,45. Nilai sikap siswa selama pembelajaran menghasilkan nilai rata-rata 80,69. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan flipped classroom dengan pendekatan STEAM meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Flipped Classroom; STEAM; Elektrolit dan Non Elektrolit; Berpikir Tingkat Tinggi
Subjects: Education
Elementary Education > Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: A.A Shobir Aashob Eneng Yayah
Date Deposited: 07 Sep 2023 12:52
Last Modified: 07 Sep 2023 12:52
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75785

Actions (login required)

View Item View Item