Penggunaan Second Account sebagai Backstage pada aplikasi Instagram : Studi deskriptif alumni SMA Al-Masoem Bandung angkatan 2018:

Abdillah, Nurridha Rizky (2023) Penggunaan Second Account sebagai Backstage pada aplikasi Instagram : Studi deskriptif alumni SMA Al-Masoem Bandung angkatan 2018:. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
_cover.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
_abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
_daftarisi.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
_bab1.pdf

Download (182kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (967kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya penggunaan second account pada aplikasi Instagram, terutama oleh alumni SMA Al-Masoem angkatan 2018. Penelitian ini dilakukan guna mencari tahu alasan membuka second account pada aplikasi Instagram, tujuan membedakan pengelolaan kedua akun Instagram milik pengguna, dan dampak sosial yang pengguna rasakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan alumni SMA Al-Masoem Angkatan 2018 membuat second account atau akun kedua Instagram, untuk mengetahui tujuan membedakan akun pertama dengan second account Instagram yang dikelola oleh alumni SMA Al-Masoem angkatan 2018, dan untuk mengidentifikasikan dampak sosial yang didapatkan setelah alumni SMA Al- Masoem angkatan 2018 menggunakan dua akun Instagram secara terpisah. Penelitian ini menggunakan Teori Dramaturgi milik Erving Goffman. Teori ini mengibaratkan kehidupan manusia seperti sebuah panggung pertunjukkan, dimana terdapat panggung depan (front stage) dan panggung belakang (backstage). Goffman menganalogikan panggung depan seperti setiap individu sebagai aktor hanya akan menunjukkan hal-hal yang menurutnya ideal dan akan diterima dengan baik oleh orang lain sebagai penonton. Sedangkan di panggung belakang para aktor dapat menanggalkan segala hal yang dilakonkan di panggung depan. Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini ialah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah jawaban-jawaban dari narasumber dan juga beberapa kajian literatur. Data dikumpulkan melalui observasi partisipan, wawancara semi terstruktur—di dalamnya terdapat teknik angket, dan studi dokumentasi. Kemudian data dianalisis melalui tahap reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa alumni SMA Al-Masoem angkatan 2018 memiliki beberapa alasan untuk membuka second account pada aplikasi Instagram, yaitu mengikuti tren, bebas mengunggah apapun yang ingin mereka unggah, bebas berekspresi, dan berinteraksi dengan orang terdekat; memiliki tujuan membedakan pengelolaan kedua akun Instagram yang berbeda, yaitu supaya tidak merusak akun pertama yang digunakan sebagai personal branding dan aktivitas professional serta menceritakan proses dari apa yang terjadi di akun pertama; dan juga memiliki dampak sosial yang dirasakan secara langsung, yaitu adanya perbedaan pandangan dari orang yang tidak mengikuti mereka di second account ataupun sebaliknya dan menjadi lebih dekat dengan orang lain karena adanya interaksi yang intens di second account.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Second Account; Backstage; Teori Dramaturgi
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions within Groups
Secondary Education > Upper Level Secondary School
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Nurridha Rizky Abdillah
Date Deposited: 07 Sep 2023 08:04
Last Modified: 07 Sep 2023 08:04
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75905

Actions (login required)

View Item View Item