Izzaturrahmah, Qonita (2023) Penilaian kinerja guru hubungannya dengan kualitas pelayanan pendidikan : Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (411kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (549kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3 (1).pdf Restricted to Registered users only Download (447kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4 (1).pdf Restricted to Registered users only Download (775kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka (1).pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) | Request a copy |
Abstract
Penilaian kinerja guru yang dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Kota Bandung masih belum optimal dan kurangnya kualitas pelayanan pendidikan sehingga guru masih belum bertanggung jawab dan disiplin akan tugas yang harus dilakukan oleh seorang guru terhadap siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Realitas Penilaian Kinerja Guru di MTs Negeri Kota Bandung. (2) Realitas Kualitas Pelayanan Pendidikan di MTs Negeri Kota Bandung, dan (3) Hubungan Penilaian Kinerja Guru dengan Kualitas Pelayanan Pendidikan di MTs Negeri Kota Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional. Data pada penelitian ini diperoleh melalui penyebaran angket dengan model skala likert yang terdiri dari empat jawaban pilihan kepada 85 responden. Teknik analisis data pada penelitian ini berupa uji instrumen (validitas dan reliabilitas), uji analisis statistik, uji hipotesis (uji korelasi rank spearman), serta uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penilaian kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Kota Bandung, termasuk ke dalam kategori sedang yaitu sebesar 3,58 dari hasil pengolahan data 85 responden; (2) Kualitas pelayanan pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Bandung, termasuk ke dalam kategori sedang yaitu sebesar 3,15 dari hasil pengolahan data 85 responden; (3) Berdasarkan hasil perhitungan korelasi antara variable X dan variable Y, maka diperoleh angka koefisien korelasi sebesar 0,573, termasuk kategori koefesien 0,51-0,75 artinya terdapat hubungan yang cukup besar atau cukup kuat. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara penilaian kinerja guru dengan kualitas pelayanan pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Bandung. Hasil dari perhitungan uji korelasi bahwa signifikansi penilaian kinerja guru dengan kualitas pelayanan pendidikan diperoleh 0,000 < 0,05. Hasil perhitungan uji korelasi bernilai positif yang berarti jika hasil penilaian kinerja yang dilakukan terhadap guru baik maka pelayanan yang diberikan oleh guru juga sudah baik. Kemudian dari hasil uji koefisiensi determinasi diperoleh (R square) sebesar 0,328 yang berarti bahwa penilaian kinerja guru terhadap kualitas pelayanan pendidikan memiliki kontribusi sebesar 32,8%
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penilaian; kinerja; pelayanan |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching General Management > Education, Research of Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Qonita Izzaturrahmah |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 01:36 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 01:36 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75980 |
Actions (login required)
View Item |