Penilaian kinerja guru hubungannya dengan kualitas pelayanan pendidikan : Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Kota Bandung

Izzaturrahmah, Qonita (2023) Penilaian kinerja guru hubungannya dengan kualitas pelayanan pendidikan : Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (411kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy

Abstract

Penilaian kinerja guru yang dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Kota Bandung masih belum optimal dan kurangnya kualitas pelayanan pendidikan sehingga guru masih belum bertanggung jawab dan disiplin akan tugas yang harus dilakukan oleh seorang guru terhadap siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Realitas Penilaian Kinerja Guru di MTs Negeri Kota Bandung. (2) Realitas Kualitas Pelayanan Pendidikan di MTs Negeri Kota Bandung, dan (3) Hubungan Penilaian Kinerja Guru dengan Kualitas Pelayanan Pendidikan di MTs Negeri Kota Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional. Data pada penelitian ini diperoleh melalui penyebaran angket dengan model skala likert yang terdiri dari empat jawaban pilihan kepada 85 responden. Teknik analisis data pada penelitian ini berupa uji instrumen (validitas dan reliabilitas), uji analisis statistik, uji hipotesis (uji korelasi rank spearman), serta uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penilaian kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Kota Bandung, termasuk ke dalam kategori sedang yaitu sebesar 3,58 dari hasil pengolahan data 85 responden; (2) Kualitas pelayanan pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Bandung, termasuk ke dalam kategori sedang yaitu sebesar 3,15 dari hasil pengolahan data 85 responden; (3) Berdasarkan hasil perhitungan korelasi antara variable X dan variable Y, maka diperoleh angka koefisien korelasi sebesar 0,573, termasuk kategori koefesien 0,51-0,75 artinya terdapat hubungan yang cukup besar atau cukup kuat. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara penilaian kinerja guru dengan kualitas pelayanan pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Bandung. Hasil dari perhitungan uji korelasi bahwa signifikansi penilaian kinerja guru dengan kualitas pelayanan pendidikan diperoleh 0,000 < 0,05. Hasil perhitungan uji korelasi bernilai positif yang berarti jika hasil penilaian kinerja yang dilakukan terhadap guru baik maka pelayanan yang diberikan oleh guru juga sudah baik. Kemudian dari hasil uji koefisiensi determinasi diperoleh (R square) sebesar 0,328 yang berarti bahwa penilaian kinerja guru terhadap kualitas pelayanan pendidikan memiliki kontribusi sebesar 32,8%

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: penilaian; kinerja; pelayanan
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Qonita Izzaturrahmah
Date Deposited: 08 Sep 2023 01:36
Last Modified: 08 Sep 2023 01:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75980

Actions (login required)

View Item View Item