Ashari, Rizal Septiyani (2023) Strategi Dinas Perhubungan dalam menertibkan parkir liar kendaraan roda empat di kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (313kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (559kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (360kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (965kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) | Request a copy |
Abstract
Kota Bandung menjadi kota terpadat ke-4 pada tahun 2022 dengan luas wilayah meliputi 167,67 kilometer persegi serta 2.507.888 jiwa jumlah penduduk dilansir dari Badan Pusat Statistik (BPS). Dengan memiliki jumlah kepadatan penduduk menjadikan kebutuhan akan trasportasi umum maupun pribadi di Kota Bandung akan berbanding lurus dengan kepadatan penduduknya. Meningkatnya kepemilikan kendaraan secara pribadi menjadikan potensi terjadinya keramaian lalu lintas umumnya yang terjadi di jalan-jalan utama. Tercatat dari data opendata. jabarprov Kota Bandung menjadi kota di Jawa Barat dengan jumlah kendaraan terbanyak ke-2 yaitu 1.552.747 unit kendaraan.Tingginya mobilitas jumlah kendaraan yang bergerak setiap harinya di Kota Bandung tidak diimbangi dengan daya kesiapan lahan parkir dibeberapa wilayah. Kekurangan tempat parkir inilah yang mendorong kendaraan bermotor memberhentikan kendaraaanya di bahu jalan maupun di sembarang tempat, sehingga fenomana parkir liar sudah menjadi kebiasaan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi Dinas Perhubungan dalam melakukan penertiban parkir liar kendaraan roda empat di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan teori strategi organisasi menurut Winardhi : 2003 dalam menggambarkan kerangka konseptual yang dapat digunakan dalam analisis strategi organisasi. Ada tiga dimensi yang menjadi pedoman dalam menilai suatu strategi yang diterapkan, yakni tujuan dan sasaran terpenting yang ingin dicapai, kebijakan terpenting dan mengarahkan, dan tahapan tindakan yang akan mencapai tujuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dimulai dari observasi, wawancara yang menggunakan teknik purposive samping dan snow ball, serta didukung dengan dokumentasi. Hasil Penelitian : menunjukan bahwa strategi yang terapkan oleh Dinas Perhubungan dalam melakukan penertiban parkir liar kendaraan roda empat masih belum optimal. Alasanya karena tujuan yang ditetapkan belum memiliki target serta tahapan tindakan dalam penertiban parkir liar roda empat hanya berdampak dalam jangka pendek, sehingga dalam jangka waktu panjang tidak memiliki dampak. Hambatan terbesarnya rendahnya tingkat kesadaran masyarakat dan tidak ada penambahan lahan parkir resmi dalam 2 tahun terakhir.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi; Dinas Perhubungan; Penertiban Parkir Liar; Roda Empat. |
Subjects: | Public Administration > Public Administration in Indonesia Ground Transportation Customs of People > Organization and Management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Rizal Septiyani Ashari |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 07:42 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 08:45 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76058 |
Actions (login required)
View Item |