Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap penerapan strategi Promosi Bonus bersyarat di Es Teh Indonesia Cabang Cibiru Kota Bandung

Rahman, Adinda Nurauliya (2023) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap penerapan strategi Promosi Bonus bersyarat di Es Teh Indonesia Cabang Cibiru Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (473kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (866kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (769kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy

Abstract

Dari sekian banyak bisnis yang paling banyak diminati oleh masyarakat saat ini adalah bisnis dibidang Food and Beverages (FnB). Es Teh Indonesia cabang Cibiru merupakan salah satu bisnis yang bergerak dibidang FnB. Yang mana Es Teh Indonesia menawarkan beragam promo yang menarik, akan tetapi Es Teh Indonesia cabang Cibiru memiliki promo khusus yang dinamakan dengan “Bonus Bersyarat”. Dengan ketentuan bonus yang diberikan ini memiliki syarat tertentu yang harus dipenuhi oleh para konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan Bonus bersyarat di Es Teh Indonesia Cabang Cibiru Kota Bandung, 2) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap penerapan strategi promosi bonus bersyarat di Es Teh Indonesia Cabang Cibiru Kota Bandung. Konsep dalam penelitian ini adalah teori jual beli dan akad Jualah menurut Syariah yang kemudian dihubungkan dengan ijtima ulama komisi fatwa. Teori tersebut digunakan untuk meninjau fenomena Bonus Bersyarat sehingga diketahui hukum praktik jual beli yang dihubungkan dengan akad Jualah yang terdapat dalam penerapan bonus bersyarat di Es Teh Indonesia Cabang Cibiru Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara kepada 1 (satu) orang karyawan Es Teh Indonesia dan 3 (tiga) orang konsumen yang pernah membeli minuman di Es Teh Indonesia cabang cibiru, khususnya yang berkesempatan mendapatkan promo tersebut. Adapun data sekunder dari penelitian ini berupa data penunjang, seperti jurnal, buku literatur, peraturan dan Fatwa DSN-MUI yang berkaitan dengan objek yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Berawal dari penawaran yang dikeluarkan oleh perusahaan yang membuat konsumen harus memenuhi persyaratan hingga mencapai target (natijah) jika tertarik ingin mendapatkan atau mencoba bonus tersebut, 2) Jika ditinjau dari Hukum Ekonomi Syariah, penerapan strategi promosi bonus bersyarat di Es Teh Indonesia Cabang Cibiru Kota Bandung termasuk kedalam akad Ju’alah yang mana secara keseluruhan telah sesuai dengan yang telah disyari’atkan. Sehingga hukumnya sah (shahih) dan diperbolehkan untuk diterapkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Akad Jualah; Bisnis FnB; Strategi promosi Bonus bersyarat.
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Adinda Nurauliya Rahman
Date Deposited: 08 Sep 2023 05:15
Last Modified: 08 Sep 2023 05:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76158

Actions (login required)

View Item View Item