Rahman, Adinda Nurauliya (2023) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap penerapan strategi Promosi Bonus bersyarat di Es Teh Indonesia Cabang Cibiru Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf Download (473kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (866kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (769kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) | Request a copy |
Abstract
Dari sekian banyak bisnis yang paling banyak diminati oleh masyarakat saat ini adalah bisnis dibidang Food and Beverages (FnB). Es Teh Indonesia cabang Cibiru merupakan salah satu bisnis yang bergerak dibidang FnB. Yang mana Es Teh Indonesia menawarkan beragam promo yang menarik, akan tetapi Es Teh Indonesia cabang Cibiru memiliki promo khusus yang dinamakan dengan “Bonus Bersyarat”. Dengan ketentuan bonus yang diberikan ini memiliki syarat tertentu yang harus dipenuhi oleh para konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan Bonus bersyarat di Es Teh Indonesia Cabang Cibiru Kota Bandung, 2) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap penerapan strategi promosi bonus bersyarat di Es Teh Indonesia Cabang Cibiru Kota Bandung. Konsep dalam penelitian ini adalah teori jual beli dan akad Jualah menurut Syariah yang kemudian dihubungkan dengan ijtima ulama komisi fatwa. Teori tersebut digunakan untuk meninjau fenomena Bonus Bersyarat sehingga diketahui hukum praktik jual beli yang dihubungkan dengan akad Jualah yang terdapat dalam penerapan bonus bersyarat di Es Teh Indonesia Cabang Cibiru Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara kepada 1 (satu) orang karyawan Es Teh Indonesia dan 3 (tiga) orang konsumen yang pernah membeli minuman di Es Teh Indonesia cabang cibiru, khususnya yang berkesempatan mendapatkan promo tersebut. Adapun data sekunder dari penelitian ini berupa data penunjang, seperti jurnal, buku literatur, peraturan dan Fatwa DSN-MUI yang berkaitan dengan objek yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Berawal dari penawaran yang dikeluarkan oleh perusahaan yang membuat konsumen harus memenuhi persyaratan hingga mencapai target (natijah) jika tertarik ingin mendapatkan atau mencoba bonus tersebut, 2) Jika ditinjau dari Hukum Ekonomi Syariah, penerapan strategi promosi bonus bersyarat di Es Teh Indonesia Cabang Cibiru Kota Bandung termasuk kedalam akad Ju’alah yang mana secara keseluruhan telah sesuai dengan yang telah disyari’atkan. Sehingga hukumnya sah (shahih) dan diperbolehkan untuk diterapkan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Akad Jualah; Bisnis FnB; Strategi promosi Bonus bersyarat. |
Subjects: | Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah |
Depositing User: | Adinda Nurauliya Rahman |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 05:15 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 05:15 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76158 |
Actions (login required)
View Item |