Pengaruh ketermapilan Guru dalam menggunakan Variasi Mengajar terhadap keaktifan belajar Siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam : Penelitian pada siswa kelas VIII SMP 10 PGRI Bandung

Hudaya, Acep Lutvi Muhamad Arsa (2023) Pengaruh ketermapilan Guru dalam menggunakan Variasi Mengajar terhadap keaktifan belajar Siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam : Penelitian pada siswa kelas VIII SMP 10 PGRI Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan awal yang peneliti lakukan di SMP PGRI 10 Bandung, dimana guru sudah melakukan keterampilan menggunakan variasi mengajar dengan baik. Seperti diawal pembelajaran guru menggunakan variasi suara yang variatif tergantung pembelajaran yang sedang dipelajari, memusatkan perhatian siswa, menggunakan media pembelajaran yang atraktif. Namun, penulis masih melihat masih banyak siswa yang keaktifannya tergolong kurang seperti tidak melaksanakan tugas belajar, tidak terlibat dalam pembelajaran dan tidak terlibat dalam pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana implementasi keterampilan guru dalam menggunakan variasi mengajar, keaktifan belajar siswa, serta apakah keterampilan guru dalam menggunakan variasi mengajar berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini didasarkan pada teori yang dikemukakan oleh Nurhasnawati yang mengatakan bahwa keaktifan belajar siswa dipengaruhi dari bagaimaana keterampilan guru dalam menggunakan variasi mengajar. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah ada pengaruh yang signifikan antara keterampilan guru dalam menggunakan variasi mengajar terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAI atau tidak ada pengaruh yang signifikan antara keterampilan guru dalam menggunakan variasi mengajar terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode korelasi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu : Analisis Parsial dan Analisis Korelasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Bagaimana implementasi keterampilan guru dalam menggunakan variasi mengajar? Implementasi keterampilan guru dalam menggunakan variasi mengajar termasuk kedalam kategori yang baik, hal tersebut dibuktikan dengan skor rata-rata item variable x sebesar 3,85 (interval 3,40–4,19). (2) Bagaimana respon keaktifan belajar siswa? Respon keaktifan belajar siswa pada pembelajaran PAI termasuk ke dalam kategori yang tinggi, hal tersebut dibuktikan dengan skor rata-rata item variable y sebesar 3,62 (berada pada interval 3,40-4,19). (3) Sejauh mana pengaruh keterampilan guru dalam menggunakan variasi mengajar terhadap keaktifan belajar siswa? Pengaruh keterampilan guru dalam menggunakan variasi mengajar terhadap keaktifan belajar adalah sebesar 31%, hal itu didapatkan dari hasil penjumlahanm r2 dengan rumus koefisien determinasi yaitu r2 x 100% = 0,5592 x 100% = 31,23. Hasil Thitung (4,159) > ttabel (2,026), artinya ada pengaruh anatar variasi mengajar dan keaktifan belajar siswa dan hal tersebut menunjukan bahwa Ha (Hipotesis Alternatif) diterima. Koefisien korelasinya berkategori sedang (0.559) berada pada interval 0,60-0,799.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: keterampulan guru; variasi mengajar; keaktifan belajar siswa
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Secondary Education > Lower Level Secondary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: acep lutvi muhamad arsa hudaya
Date Deposited: 08 Sep 2023 02:56
Last Modified: 08 Sep 2023 02:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76198

Actions (login required)

View Item View Item