Pengaruh bimbingan Eco-Art terhadap Self Disclosure siswa : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Bandung Kelas XI

Isnaini, Sindianti Putri (2023) Pengaruh bimbingan Eco-Art terhadap Self Disclosure siswa : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Bandung Kelas XI. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (302kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy

Abstract

Sebagian dari siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Bandung masih memiliki kekurangan dalam hal keterbukaan diri (self disclosure) maka dari itu salah satu upaya yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling di untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan melakukan bimbingan dengan pendekatan eco-art. Penggunaan pendekatan eco-art ini terbilang sangat baru dalam bimbingan dan konseling dan juga menjadi daya tarik dari penelitian ini. Oleh karena itu, dengan adanya penelitian ini bisa membantu meningkatkan self disclosure (keterbukaan diri) dan menambahkan alternatif teknik atau metode yang dapat digunakan oleh guru bimbingan dan konseling untuk memberikan layanan kepada siswa. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengatahui seberapa besar pengaruh bimbingan eco-art terhadap self disclosure siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Bandung. Dalam enelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model regresi linier sederhana. Jumlah populasi yang digunakan dalam penelitian ini siswa kelas XI yaitu 296, dengan sampel yang digunakan sebanyak 30 responden dengan teknik probability sampling jenisnya simple random sampling. Kerangka pemikiran penelitian ini menggunakan desain penelitian yang akan diturunkan sebagai indikator untuk membuat instrumen penelitian. Desain penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel bebas adalah bimbingan eco-art (X) dan variabel terikat adalah self disclosure (Y). Berdasarkan pada variabel bimbingan eco-art yaitu menetapkan dan mengarahkan tujuan, pendidikan dan modifikasi, evaluasi hasil, penekanan keterampilan sosial, struktur model dan kerangka kerja dan titik puncak dengan pameran, serta pada variabel self disclosure yaitu ketetapan, motivasi, waktu, keintensifan dan kedalaman dan keluasan. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh antara bimbingan eco-art terhadap self disclosure siswa. Berdasarkan hasil uji regresi liner sederhana menunjukan bahwa nilai sig 0,000 < 0,05 maka H1diterima dan H0 di tolak yang artinya terdapat pengaruh antara bimbingan eco-art terhadap self disclosure, dengan R Square sebesar 0,438 yang berarti bahwa pengaruh variabel bimbingan eco-art (X) terhadap variabel self disclosure (Y) sebesar 0,826 atau 82,6%.Hal ini mengatakan bahwa variabel bimbingan eco-art (X) yang digunakan mampu menjelaskan sebesar 82,6% terhadap variabel self disclosure (Y) sedangkan 17,4% dipengaruhi atau dijelaskan variabel independen lain (X) selain bimbingan eco-art. Hal itu menunjukan bahwa metode bimbingan eco-art cukup efektif untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan pribadi dan sosial individu seperti: sulit mengungkapkan permasalahan, sulit berkomunikasi verbal selain itu dapat memberikan bantuan kepada seseorang untuk menggunakan unsur-unsur alam dalam menyampaikan perasaan dan emosi mereka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Eco-Art; Self Disclosure; Siswa
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Building for Educational and Research Purposes
Decorative Arts
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Sindianti Putri Isnaini
Date Deposited: 11 Sep 2023 07:04
Last Modified: 11 Sep 2023 07:04
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76204

Actions (login required)

View Item View Item