Implementasi model pembelajaran Project Based Learning dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam : Penelitian pada siswa kelas XI di SMK Wiraswasta Kota Cimahi

Firdaus, Nurul (2023) Implementasi model pembelajaran Project Based Learning dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam : Penelitian pada siswa kelas XI di SMK Wiraswasta Kota Cimahi. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (289kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (911kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan masih ada permasalahan yang di temukan khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Selama ini dalam proses belajar mengajar guru kurang menerapkan model-model pembelajaran, Guru cenderung menggunakan cara konvensional seperti: ceramah, tanya jawab, dan penugasan, selain itu guru tidak menggunakan berbagai cara untuk membuat siswa termotivasi. Hal ini mengakibatkan rata-rata keaktifan dan hasil belajar siswa masih di bawah standar yang diharapkan, sehingga tidak memenuhi KKM yang berlaku di sekolah. Jika model ini digunakan secara konsisten dapat membuat mahasiswa tidak berprestasi, sehingga membuat proses pengajaran menjadi tidak efektif. Tujuan penelitian adalah untuk : (1) mendeskripsikan implementasi model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. (2) mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan model pembelajaran Project Based Learning. (3) mendeskripsikan perbedaan keaktifan belajar peserta didik kelas eksperiment dan kontrol. (4) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. (5) mendeskripsikan perbedaan hasil belajar kognitif peserta didik kelas eksperiment dan kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah Quasi eksperiment non equivalent control grup design. Desain penelitian dengan satu kelas eksperiment dan satu kelas kontrol. Kelas eksperiment merupakan peserta didik dari kelas XIB SMK Wiraswasta Cimahi, sedangkan kelas Kontrol adalah peserta didik dari kelas Kelas XIA SMK Wiraswasta Cimahi. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah purposive sampling, sementara untuk analisis data menggunakan SPSS Versi 26. Berdasarkan pada hasil penelitian, penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kognitif peserta didik dalam mata pelajaran PAI materi menampilkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan. rata-rata keaktifan 75%, naik 20 % dari aktivitas sebelumnya yaitu 55%. Rata-rata nilai pretest 33,8 naik menjadi 75,8 pada saat posttest setelah diberikan treatment dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning nilai tersebut berada pada rentang 70-79 dengan kategori baik. Secara keseluruhan rata-rata hasil belajar kognitif kelas eksperiment sebesar 73,33 lebih besar dari nilai rata-rata dari kelas kontrol yaitu 68,00.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Project Based Learning; Keaktifan; Hasil Belajar Kognitif; Pendidikan Agama Islam
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurul Firdaus
Date Deposited: 10 Sep 2023 03:08
Last Modified: 10 Sep 2023 03:08
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76261

Actions (login required)

View Item View Item