Manajemen strategi Kantor Urusan Agama dalam meningkatkan kinerja pegawai : Studi deskriptif di KUA Kecamatan Cikijing Kabupaten Majalengka

Hekmatiar, Hafizh (2023) Manajemen strategi Kantor Urusan Agama dalam meningkatkan kinerja pegawai : Studi deskriptif di KUA Kecamatan Cikijing Kabupaten Majalengka. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (534kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy

Abstract

Kantor Urusan Agama (KUA) merupakan instansi Kementerian Agama terkecil yang berada di tingkat Kecamatan. KUA memiliki tugas membantu melaksanakan sebagian tugas Kantor Kementerian Agama Kabupaten dalam bidang urusan agama pada wilayah Kecamatan. Dalam melaksanakan tugasnya, KUA dipimpin oleh seorang Kepala dan dibantu oleh beberapa pegawai yang memiliki tugas untuk merumuskan hingga melaksanakan program-program yang telah tetapkan. Dalam melaksanakan pelayanan dan penyuluhan kepada masyarakat, KUA memerlukan kinerja pegawai yang kompeten dan kredibel sehingga diperlukannya program yang dapat meningkatkan kinerja pegawai. Maka dari itu dalam meningkatkan kinerja pegawai dibutuhkan manajemen dan strategi yang harus dilakukan agar pegawai dapat meningkatkan kinerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa manajemen strategi yang dilakukan oleh KUA Kecamatan Cikijing dalam meningkatkan kinerja pegawai. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori Fred R. David yang menjelaskan bahwa manajemen strategi dapat diartikan sebagai kumpulan keputusan serta tindakan manajerial yang dihasilkan dari proses formulasi strategi, implementasi strategi dan evaluasi strategi dengan tujuan untuk mencapai keunggulan yang kompetitif. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengeksplorasi atau memotret situasi yang terjadi di sosial masyarakat. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan melakukan observasi langsung ke lapangan, wawancara langsung dengan informan dan mengambil dokumentasi yang berkaitan dengan manajemen strategi KUA Kecamatan Cikijing dalam meningkatkan kinerja pegawai. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa manajemen strategi yang dilakukan oleh KUA Kecamatan Cikijing dalam meningkatkan kinerja pegawai yaitu: Formulasi Strategi yang dilakukan oleh KUA Kecamatan Cikijing yaitu dengan merumuskan visi dan misi, menentukan tujuan jangka pendek dan jangka panjang, analisis SWOT sarta memilih strategi yang optimal. Implementasi Strategi yang dilakukan oleh KUA Kecamatan Cikijing dalam meningkatkan kinerja pegawai dengan menjalin komunikasi yang baik antara pegawai, mengontrol kinerja pegawai setiap harinya, memberikan motivasi dan perhatian kepada pegawai seperti membantu para pegawai jika mengalami kesulitan dalam hal pekerjaan. Evaluasi Strategi yang dilakukan yaitu evaluasi setiap ada kesempatan setelah kegiatan dan evaluasi yang dilakukan setelah pelaksanaan program atau dapat dikatakan evaluasi tahunan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi; Kantor Urusan Agama; Kinerja Pegawai
Subjects: Labor Economics > Conditions of Employment
Office Services
General Management > Manajement for Specific Organizations
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Hafizh Hekmatiar
Date Deposited: 08 Sep 2023 02:38
Last Modified: 08 Sep 2023 02:38
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76266

Actions (login required)

View Item View Item