Persepsi masyarakat terhadap pemberitaan kebijakan migrasi televisi analog ke digital: Studi deskriptif pada masyarakat Kopo Kota Bandung

Fitria, Mia (2023) Persepsi masyarakat terhadap pemberitaan kebijakan migrasi televisi analog ke digital: Studi deskriptif pada masyarakat Kopo Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (287kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy

Abstract

Migrasi televisi analog menjadi televisi digital di Indonesia telah banyak menarik perhatian masyarakat. Migrasi ini melibatkan penghentian penyiaran televisi analog dan penggantian dengan penyiaran televisi digital, yang membutuhkan peralihan perangkat dan infrastruktur teknis. Dengan pemberitaan mengenai televisi digital dapat membantu masyarakat dalam memahami dan mengatasi proses migrasi dari penyiaran analog ke digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat Kopo Kota Bandung terhadap pemberitaan kebijakan migrasi televisi analog ke digital. Tiga fokus penelitian dalam penelitian ini meliputi cara menyeleksi, interpretasi, dan reaksi terhadap pemberitaan kebijakan migrasi televisi analog ke digital. Penelitian ini didasari oleh konsep persepsi yang dijelaskan oleh Alex Sobur yang menyatakan jika persepsi dilalui dengan tiga proses. Komponen utama itu yakni: seleksi, interpretasi, dan reaksi. Seleksi merupakan proses penginderaan dalam menerima stimulus atau rangsangan dari luar. Interpretasi adalah proses pengorganisasian informasi dalam pemaknaan suatu objek. Reaksi adalah tingkah laku dan perilaku yang muncul dari apa yang diserap sebelumnya. Adapun pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan jawaban dari fokus penelitian secara deskriptif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif, dimana nantinya hasil dari penelitian akan dijabarkan secara keseluruhan untuk memperjelas topik penelitian yang saling berkaitan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: 1) Pada proses seleksi, informasi mengenai migrasi dari televisi analog ke digital yang diterima melalui iklan dan pemberitaan memiliki pengaruh positif pada masyarakat. 2) Pada proses interpretasi, interpretasi informan mencerminkan kompleksitas dan variasi pandangan dalam merespons informasi dan stimulus tertentu. 3) Pada proses reaksi, walaupun terdapat beberapa kendala dalam penyediaan perangkat tambahan televisi digital, namun secara umum informan melihat migrasi ini sebagai langkah positif yang meningkatkan pengalaman menonton.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Masyarakat; Pemberitaan; Migrasi Televisi
Subjects: Communications Telemunications
Communications Telemunications > Television Broadcasting
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Mia Fitria
Date Deposited: 10 Sep 2023 12:04
Last Modified: 10 Sep 2023 12:04
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76448

Actions (login required)

View Item View Item