Pengembangan media pembelajaran interaktif mobile learning berbantuan software Smart Apps Creator: Penelitian di Sekolah Menengah Pertama Negeri 24 Bandung

Azizah, Fella Nur (2023) Pengembangan media pembelajaran interaktif mobile learning berbantuan software Smart Apps Creator: Penelitian di Sekolah Menengah Pertama Negeri 24 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (402kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (867kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan teknologi saat ini secara tidak langsung memengaruhi seluruh aspek kehidupan manusia termasuk dunia pendidikan. Dalam dunia pendidikan sudah seharusnya mengikuti perkembangan zaman yang ada. Hal tersebut mendorong guru sebagai pengajar untuk lebih berinovasi dan membuat pembelajaran di kelas tidak membosankan. Pemanfaatan smartphone menjadi dalah satu pilihan bagi guru untuk menghadirkan pembelajaran menjadi lebih inovatif. Penelitian ini memiliki tujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran interaktif mobile learning berbantuan software smart apps creator; (2) mengetahui kelayakan media dari segi ahli materi, ahli media, dan siswa terhadap media pembelajaran interaktif mobile learning berbantuan software smart apps creator yang ditinjau dari aspek validitas, kepraktisan dan respon siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i SMP Negeri 24 bandung, ahli materi, dan ahli media serta objek penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran interaktif mobile learning berbantuan software smart apps creator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mobile learning berbantuan software smart apps creator mendapat skor validasi tinggi dengan rata-rata 85% (sangat valid) dari ahli materi maupun ahli media serta mendapat skor 83% (sangat praktis) dari segi kepraktisan media. Selain itu, mobile learning berbantuan software smart apps creator juga mendapatkan respon yang baik dari para siswa yang menjadikan mobile learning berbantuan software smart apps creator dapat menjadi sumber belajar yang bisa digunakan dimanapun dan kapanpun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif; Mobile Learning; Smart Apps Creator
Subjects: Education
Education > Miscellany of Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Fella Nur Azizah
Date Deposited: 11 Sep 2023 03:57
Last Modified: 11 Sep 2023 03:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76451

Actions (login required)

View Item View Item