Penerapan model pembelajaran PAP (Picture and Picture) berbantuan GNT (Guided Note Taking) untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi hukum gravitasi Newton

Khotimah, Rifadiyah Nurul (2023) Penerapan model pembelajaran PAP (Picture and Picture) berbantuan GNT (Guided Note Taking) untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi hukum gravitasi Newton. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (500kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep pada peserta didik. Salah satu alternatif untuk meningkatkan pemahaman konsep pada peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran PAP (Picture and Picture) Berbantuan GNT (Guided Note Taking). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan setiap tahapan model pembelajaran PAP berbantuan GNT dan peningkatan pemahaman konsep pada peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran PAP berbantuan GNT. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental design dengan desain one-group-pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 4 SMA Negeri 27 Bandung dengan jumlah 30 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran PAP berbantuan GNT berlangsung baik dengan persentase rata-rata aktivitas peserta didik sebesar 77% dan aktivitas guru 79%. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai sebesar 35,94 sedangkan pada sebesar 2,04 sehingga dengan taraf signifikansi 0,05 dengan nilai N-gain sebesar 0,68 pada kategori sedang. Kesimpulan pada penelitian terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep pada peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran PAP berbantuan GNT pada materi hukum gravitasi Newton.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Guided note taking; Hukum gravitasi Newton; Pemahaman konsep; Picture and Picture
Subjects: Education
Education, Research
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Rifadiyah Nurul Khotimah
Date Deposited: 11 Sep 2023 09:14
Last Modified: 11 Sep 2023 09:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76564

Actions (login required)

View Item View Item