Pemanfaatan aplikasi Mosfeed sebagai media dakwah: Studi deskriptif pada akun Syameela Series Mosfeed

Sugiarto, Citra Cantika Salma (2023) Pemanfaatan aplikasi Mosfeed sebagai media dakwah: Studi deskriptif pada akun Syameela Series Mosfeed. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (620kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (714kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy

Abstract

Pada era digitalisasi saat ini, pemanfaatan teknologi informasi telah menjadi bagian integral dan tidak terpisahkan dari upaya dakwah. Perubahan paradigma dalam cara pesan dakwah disampaikan, dari yang semula terbatas pada interaksi langsung, kini telah berkembang menjadi bentuk virtual. Salah satu contoh dalam penerapan konsep ini adalah melalui pemanfaatan aplikasi Mosfeed. Adapun fokus penelitian ini meneliti dua aspek pokok, di antaranya: Pertama, pemanfaatan aplikasi Mosfeed oleh admin akun Syameela sebagai media dakwah untuk menyediakan informasi dakwah kepada pengguna. Kedua, bagian pemanfaatan aplikasi Mosfeed oleh admin akun Syameela sebagai media dakwah untuk menciptakan ruang partisipasi kolektif bagi pengguna. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori media baru yang dikemukakan oleh Denis McQuail sebagai lima kategori media baru, dan dalam penelitian ini terfokus pada kategori media baru sebagai sumber informasi dan media baru sebagai ruang partisipasi kolektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi deskriptif. Pendekatan kualitatif bertujuan untuk memahami secara mendalam mengenai penyediaan informasi dakwah melalui aplikasi Mosfeed, serta memberikan ruang partisipasi kolektif kepada pengguna. Metode studi deskriptif dalam penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan secara rinci karakteristik, proses, serta fenomena yang terkait dengan pemanfaatan aplikasi Mosfeed oleh akun Syameela Series sebagai media dakwah. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa admin akun Syameela Series dalam memanfaatkan aplikasi Mosfeed dapat dikelompokkan menjadi dua aspek utama, yaitu penyediaan informasi dakwah dan pemberian ruang partisipasi kolektif. Pada akun Syameela, teridentifikasi tiga jenis informasi dakwah yang disajikan. Pertama, informasi faktual berkaitan dengan berbagai acara (event) dakwah Syameela, dipublikasikan dengan melalui fitur post event. Kedua, informasi opini yang berkaitan dengan konten premium, dikelola melalui fitur setting premium content. Terakhir, informasi deskripsi yang mengenai kegiatan donasi. Dipublikasikan dengan memanfaatkan fitur post donasi. Selain itu, ruang partisipasi kolektif yang disediakan oleh admin akun Syameela Series melalui aplikasi Mosfeed memiliki tiga bentuk partisipasi, diantaranya: Pertama, partisipasi keterampilan melalui fitur quiz dan qna. Kedua, partisipasi uang melalui fitur donasi. Ketiga, partisipasi dalam bidang bisnis terjadimelalui fitur marketplace.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan; Aplikasi Mosfeed; Media Dakwah
Subjects: Data Processing, Computer Science
Islam > Islam and Technology
Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Citra Cantika Salma Sugiarto
Date Deposited: 11 Sep 2023 04:30
Last Modified: 11 Sep 2023 04:30
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76600

Actions (login required)

View Item View Item