Penerapan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak : Penelitian quasi eksperimen terhadap siswa kelas VIII MTsN 10 Tasikmalaya

Azizah, Aulia Nazilatul (2023) Penerapan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak : Penelitian quasi eksperimen terhadap siswa kelas VIII MTsN 10 Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_Daftar Isi.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_Bab I.pdf

Download (403kB) | Preview
[img] Text
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text
8_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang ada di MTsN 10 Tasikmalaya, mengenai mayoritas hasil belajar Akidah Akhlak siswa yang belum mencapai nilai KKM. Hal ini dapat terjadi karena proses pembelajaran yang dilaksanakan sudah menggunakan model pembelajaran kooperatif lainnya. Oleh karena ity, upaya untuk meningkatkan hasil belajar akidah akhlak salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) pada mata pelajaran Akidah Akhlak. 2) Proses penerapan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) pada mata pelajaran Akidah Akhlak. 3) Pengaruh penerapan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Kelas VIII MTsN 10 Tasikmalaya. Penelitian ini didasarkan pada teori bahwa model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) memberikan kontribusi lebih tinggi terhadap hasil belajar dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran yang lainnya. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhaap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan bentuk nonequivalent control grup design, dengan sampel penelitian berjumlah 60 siswa kelas VIII MTsN 10 Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data melalui observasi, Tes dan Dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas dan uji N-Gain.Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Hasil belajar Akidah Akhlak siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) termasuk dalam kategori rendah dengan nilai rata-rata 60.03. Adapun pada kelas kontrol, termasuk pada kategori sedang dengan nilai rata-rata sebesar 52.03. 2) Proses penerapan model pembelajaran Value Clarification Technique (vct) pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas eksperimen telah terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata skor observasi pelaksanaan pembelajaran selama dua pertemuan yaitu sebesar 80%. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa di kelas eksperimen. Hal ini dapat dilihat dari hasil Uji Independent Sample t-Test atau uji T yang menunjukan bahwa Sig.(2-tailed) lebih kecil dari 0.05 atau Sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05. Dari hasil tersebut, maka dapat diambil simpulan bahwa hipotesis (Ha) diterima dan (H0)ditolak. Dengan demikian, model pembelajaran value clarification technique (vct) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas VIII MTsN 10 Tasikmalaya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model VCT; Hasil Belajar; Mata Pelajaran Akidah Akhlak
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aulia Nazilatul Azizah
Date Deposited: 11 Sep 2023 10:05
Last Modified: 11 Sep 2023 10:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76772

Actions (login required)

View Item View Item