Pengaruh Job Characteristics terhadap organizational Citizenship Behavior dengan komitmen organisasi sebagai variabel mediasi studi pada karyawan PT.Tasco Sejahtera Abadi Tasikmalaya

Ardiansah, Andi (2023) Pengaruh Job Characteristics terhadap organizational Citizenship Behavior dengan komitmen organisasi sebagai variabel mediasi studi pada karyawan PT.Tasco Sejahtera Abadi Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (319kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy

Abstract

Dalam dunia yang kompetitif saat ini, persaingan bisnis semakin ketat bagi setiap perusahaan, karena sangat dituntut melalui persaingan untuk meningkatkan kreatifitas dan inovasi yang berbeda dengan kompetitor lainnya, Tentu saja hal ini bertujuan untuk memaksimalkan produktivitas dan keuntungan perusahaan baik perusahaan yang bergerak dibidang barang maupun jasa semuanya ingin memaksimalkan keuntungan tersebut baik untuk perusahaan maupun masyarakat serta lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisa apakah terdapat pengaruh job characteristics terhadap organizational citizenship behavior dengan komitmen organisasi sebagai variabel mediasi di PT.Tasco Sejahtera Abadi Tasiknalaya sebagai sampel pemelitian ini. Dimana job characteristics (Hackman & Oldham, 1980) sebagai variabel independen, organizational citizenship behavior (D. W. Organ, 1997) sebagai variabel dependen, serta komitmen organisasi (Allen dan Meyer, 1991) sebagai variabel mediasi. Untuk menjawab pertanyaan penelitian di atas, peneliti menggunakan metode deskriptif verifikatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan cara teknik non-probability sampling dengan teknik sampling jenuh yang dimana seluruh anggota populasi yang berjumlah 50 orang menjadi sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan data yang terkumpul kemudian diuji validitas dan reliabilitas. Sedangkan metode pengelolaan data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, korelasi, dan regresi causal step dari Baron Kenny dibantu dengan menggunakan software SPSS 27. Pembahasan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa job characteristics berpengaruh signifikan terhadap organizational citizenship behavior dengan nilai signifikansi sebesar 0,037 < 0,05. Kemudian pengujian pengaruh job characteristics terhadap komitmen organisasi berpengaruh signifikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,003 < 0,05. Selanjutnya adalah pengujian antara komitmen organisasi terhadap organizational citizenship behavior yang memiliki pengaruh signifikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,004 < 0,05. Lalu pengujian mediasi dengan hasil yang menunjukan terjadinya mediasi penuh, hal ini dibuktikan oleh nilai signifikansi yang berubah dari 0,037 < 0,05 menjadi 0,283 > 0,05 pada analisis regresi job characteristics terhadap organizational citizenship behavior setelah memasukan variabel komitmen organisasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: job characteristics; Komitmen Organisasi; Organizational Citizenship Behavior;
Subjects: General Management > Personnel Management
General Management > Elements of Personnel Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Andi Ardiansah
Date Deposited: 11 Sep 2023 06:56
Last Modified: 11 Sep 2023 06:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76811

Actions (login required)

View Item View Item