Analisis perilaku pengguna Second Account pada media sosial instagram : Studi terhadap mahasiswi sosiologi Fisip angkatan 2019 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Darurohmah, Santi (2023) Analisis perilaku pengguna Second Account pada media sosial instagram : Studi terhadap mahasiswi sosiologi Fisip angkatan 2019 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1pendahuluan.pdf

Download (514kB) | Preview
[img] Text
5_bab2tinjauanpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3metodologipenelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4hasilpenelitiandanpembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5penutup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji dan menganalisis mengenai perilaku mahasiswi pengguna second account pada media sosial instagram. Perilaku mahasiswi dalam menggunakan kedua akun instagramnya menarik untuk dikaji terutama terkait motif yang melatarbelakangi mereka dalam memiliki second account, perbedaan perilaku seperti apa yang mereka tunjukkan di kedua akun instagram yang mereka miliki serta alasan mereka menunjukkan perilaku yang berbeda di kedua akun instagram yang mereka miliki. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui motif yang melatarbelakangi mahasiswi dalam memiliki second account instagram, kemudian untuk mengetahui perbedaan perilaku mahasiswi pengguna instagram pada akun pertama dan kedua mereka, serta untuk mengetahui alasan mahasiswi pengguna instagram menunjukkan perilaku yang berbeda pada akun pertama dan kedua mereka. Penelitian ini menggunakan teori Dramaturgi Erving Goffman. Konsep pemikiran Erving Goffman dipengaruhi pula oleh pemikiran George H Mead tentang diri dalam teori interaksionisme simboliknya. Goffman menciptakan konsep dramaturgi. Teori ini cukup relevan dengan permasalahan yang akan diteliti, karena terdapat kecocokan mengenai perilaku yang ditunjukkan pengguna instagram pada akun pertama dan kedua mereka dengan pemikiran Erving Goffman mengenai Front Stage dan Back Stage dalam teori dramaturginya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan dan menggambarkan mengenai perilaku mahasiswi pengguna second account pada media sosial instagram dengan terperinci. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa ada beberapa motif yang melatarbelakangi para mahasiswi untuk memiliki second account instagram. Motif-motif tersebut juga berpengaruh terhadap perilaku mereka dalam menggunakan second account dan first account instagram yang mereka miliki, pengalaman mereka selama menggunakan instagram yang akhirnya membentuk perilaku berbeda yang mereka tunjukkan di first account dan second account instagram. Dibalik perbedaan perilaku yang mereka tunjukkan ada alasan-alasan yang mendasari perilaku berbeda yang para mahasiswi tunjukkan di first account dan second account instagram.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perilaku; Motif; Second account; Instagram
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Social Process
Factors Affecting Social Behaviour
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Santi Darurohmah
Date Deposited: 13 Sep 2023 01:54
Last Modified: 13 Sep 2023 01:54
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76883

Actions (login required)

View Item View Item