Latuconsina, Zainal Abidin (2023) Implementasi metode Call on The Next Speaker pada materi gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesama untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan berpikir kritis siswa: Penelitian quasi eksperimen di kelas VIII SMPIT Titian Ilmu Kota Bekasi. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (531kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (690kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (747kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (830kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (645kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (495kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan berpikir siswa di kelas VIII SMPIT Titian Ilmu Bekasi masih rendah dan perlu ditingkatkan. Berpikir tingkat tinggi ini penting dikarenakan dapat menyiapkan generasi penerus bangsa dalam menghadapi tantangan zaman, selain itu juga merupakan tuntutan lembaga pendidikan sebagaimana yang diamanatkan dalam PERMENDIKBUD nomor 21 tahun 2016 tentang standar isi pada pendidikan dasar dan menengah tentang keterampilan berpikir yang harus dimiliki peserta didik yang biasa dikenal dengan keterampilan abad 21, meliputi 4C yaitu berpikir kreatif (Creative thinking), berpikir kritis, pemecahan masalah (critical thinking and problem solving), serta mampu berkomunikasi (communication) dan berkolaborasi (collaboration). Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis (1) Implementasi metode Call On The Next Speaker pada materi gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesama. (2) Perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui implementasi metode Call On The Next Speaker dan metode Konvensional pada materi gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesama. (3) Perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa melalui implementasi metode Call On The Next Speaker dan metode Konvensional pada materi gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesama (4). Respon siswa terhadap penggunaan metode Call On The Next Speaker pada materi gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesama di SMPIT Titian Ilmu Bekasi. Pendekatan yang digunakan adalah quasi eksperimen desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent pretest-posttest-Only-design. Desain penelitian dengan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Kelas eksperimen merupakan kelas VIII B SMPIT Titian Ilmu Bekasi. Sedangkan kelas kontrol adalah siswa kelas VIII A SMPIT Titian Ilmu Bekasi. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah purposive sampling, sementara untuk analisis dengan menggunakan SPSS Versi 26. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi metode Call On The Next Speaker pada materi gemar beramal saleh dan ber baik sangka kepada sesama di kelas ekspserimen VIII B SMPIT Titian Ilmu Bekasi sudah sesuai dengan pedoman RPP yang dibuat oleh guru SMPIT Tiitian Ilmu Bekasi. Proses pembelajaran yang dilaksankan pada kelompok eksperimen terlihat sangat efektif. Kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas eksperimen VIII B SMPIT Titian Ilmu Bekasi dengan menggunakan metode Call On The Next Speaker berada pada kriteria sangat baik berdasarkan perolehan nilai mean pre-test 63,5714 dan memperoleh nilai post-tes sebesar 80.7500. Kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas VIII A SMPIT Titian Ilmu Bekasi dengan menggunakan metode konvensional berada pada kriteria baik berdasarkan perolehan nilai mean pre-test sebesar 65,9524 dan nilai post-tes sebesar 76,6667. Kemampuan berpikir kritis siswa di kelas eksperimen VIII B SMPIT Titian Ilmu Bekasi dengan menggunakan metode Call On The Next Speaker berada pada kriteria sangat baik berdasarkan perolehan nilai mean pre-test sebesar 61,2500 dan nilai post-tes sebesar 79,5000, berada pada kategori baik. Kemampuan berpikir kritis siswa di kelas VIII A SMPIT Titian Ilmu Bekasi dengan menggunakan metode konvensional berada pada kriteria baik berdasarkan perolehan nilai mean pre-test sebesar 64,6238 dan memperoleh nilai post-tes sebesar 73,8095. Respon siswa terhadap implementasi metode Call On The Next Speaker di kelas VIII B SMPIT Titian Ilmu Bekasi merupakan metode pembelajaran yang sangat baik untuk diterapkan hal ini diperoleh dari nilai rata-rata 83,37%. menunjukkan nilai interpretasi baik sebab berada pada interval nomor 4 dengan rentang 68,00 - 83,99%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Metode Call On The Next Speaker; kreatif;kritis |
Subjects: | Administration of Economy Accounting Accounting > Accounting for Specific Activities Accounting > Accounting for Specific Organizations |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Zainal Abidin Latuconsina |
Date Deposited: | 12 Sep 2023 00:30 |
Last Modified: | 12 Sep 2023 00:30 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76908 |
Actions (login required)
View Item |