Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) berbantu Wordwall terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi sistem ekskresi manusia

Dhiya Ulhaq, Luqyana (2023) Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) berbantu Wordwall terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi sistem ekskresi manusia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Creative Problem Solving (CPS) terhadap keterampilan berpikir kreatif. Model CPS merupakan suatu model yang menggunakan enam tahapan pembelajaran yaitu objective finding, fact finding,problem finding, idea finding, solution finding dan acceptance finding. Proses Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes berupa 10 soal essay pretest dan posttest. Metode penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian diperoleh melalui purposive sampling. Pada kelas eksperimen dan kontrol sebanyak 36 siswa di MAN 2 Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang sifnifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa yang diberikan perlakuan menggunakan model CPS dengan siswa yang tidak menggunakan model CPS. Hal ini ditunjukan oleh rata-rata tes pada kelompok eksperimen sebesar 89 sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh rata-rata tes sebesar 81. Analisis uji Mann-Whitney dari hasil tersebut hipotesis yang diajukan diterima dengan perolehan Zhitung ≥ Ztabel 5,354≥1,96. Hasil perhitungan Cohen’s effect size diperoleh nilai sebesar 1,572 dengan kategori kuat. Penelitian ini menunjukan model pembelajaran CPS adanya pengaruh kuat yang sangat signifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi sistem ekskresi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Creative Problem Solving (CPS); Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa; Berbantu Wordwall; Pembelajaran Biologi; Materi Sistem Ekskresi Manusia
Subjects: Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Luqyana Dhiya Ulhaq
Date Deposited: 12 Sep 2023 04:27
Last Modified: 12 Sep 2023 04:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76946

Actions (login required)

View Item View Item