Dhiya Ulhaq, Luqyana (2023) Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) berbantu Wordwall terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi sistem ekskresi manusia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (303kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (442kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Creative Problem Solving (CPS) terhadap keterampilan berpikir kreatif. Model CPS merupakan suatu model yang menggunakan enam tahapan pembelajaran yaitu objective finding, fact finding,problem finding, idea finding, solution finding dan acceptance finding. Proses Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes berupa 10 soal essay pretest dan posttest. Metode penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian diperoleh melalui purposive sampling. Pada kelas eksperimen dan kontrol sebanyak 36 siswa di MAN 2 Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang sifnifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa yang diberikan perlakuan menggunakan model CPS dengan siswa yang tidak menggunakan model CPS. Hal ini ditunjukan oleh rata-rata tes pada kelompok eksperimen sebesar 89 sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh rata-rata tes sebesar 81. Analisis uji Mann-Whitney dari hasil tersebut hipotesis yang diajukan diterima dengan perolehan Zhitung ≥ Ztabel 5,354≥1,96. Hasil perhitungan Cohen’s effect size diperoleh nilai sebesar 1,572 dengan kategori kuat. Penelitian ini menunjukan model pembelajaran CPS adanya pengaruh kuat yang sangat signifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi sistem ekskresi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Creative Problem Solving (CPS); Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa; Berbantu Wordwall; Pembelajaran Biologi; Materi Sistem Ekskresi Manusia |
Subjects: | Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Luqyana Dhiya Ulhaq |
Date Deposited: | 12 Sep 2023 04:27 |
Last Modified: | 12 Sep 2023 04:27 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76946 |
Actions (login required)
View Item |