Bimbingan Islam melalui teknik Fun Games untuk meningkatkan kefasihan Aksentuasi huruf Hijaiyah anak Tunagrahita : Penelitian di SLB Putra 45, Cileunyi, Kab.Bandung

Koswara, Rilla Widya Putri (2023) Bimbingan Islam melalui teknik Fun Games untuk meningkatkan kefasihan Aksentuasi huruf Hijaiyah anak Tunagrahita : Penelitian di SLB Putra 45, Cileunyi, Kab.Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_Daftar Isi.pdf

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_Bab1.pdf

Download (185kB) | Preview
[img] Text
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text
8_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan anak yang memiliki keistimewaan atau dapat dikatakan sebagai anak berkebutuhan khusus yang memiliki hak dan kewajiban seperti anak lain pada umumnya untuk mendapatkan pendidikan maupun pengajaran. Melalui pendidikan dan pengajaran yang diberikan, maka anak tunagrahita dapat mengembangkan potensi serta keterampilan yang ada pada dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program bimbingan Islam melalui teknik fun games untuk meningkatkan kefasihan aksentuasi huruf hijaiyah anak tunagrahita, faktor pendukung dan penghambatnya, serta hasil dari kegiatan bimbingan Islam melalui teknik fun games untuk meningkatkan kefasihan aksentuasi huruf hijaiyah anak tunagrahita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif akan memberikan informasi secara faktual dan sistematis. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara serta dokumentasi kepada pihak yang bersangkutan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan bimbingan Islam melalui teknik fun games di SLB Putra 45 ini membawakan hasil yang cukup beragam dan dapat meningkatkan kefasihan aksentuasi huruf hijaiyah sesuai dengan kemampuan yang dimiliki anak tunagrahita. Meskipun anak tunagrahita memiliki keterhambatan dalam intelektualnya, pelaksanaan bimbingan bisa dilakukan melalui keberagaman teknik fun games seperti dengan menggunakan flash card, puzzle bahkan audio visual dengan upaya untuk dapat menarik perhatian anak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Islam; Teknik Fun Games; Huruf Hijaiyah; Anak Tunagrahita
Subjects: Pharmacology and Therapeutics > Theraphists
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Rilla Widya Putri K
Date Deposited: 13 Sep 2023 02:07
Last Modified: 13 Sep 2023 02:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77030

Actions (login required)

View Item View Item