Penerapan E-Modul berbasis masalah pada materi pencemaran air bermuatan nilai-nilai Islam untuk meningkatkan literasi lingkungan

Hasanah, Melania Nur (2023) Penerapan E-Modul berbasis masalah pada materi pencemaran air bermuatan nilai-nilai Islam untuk meningkatkan literasi lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (441kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas mahasiswa, menganalisis kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan lembar kerja berbasis masalah dan menganalisis kemampuan literasi lingkungan mahasiswa setelah penerapan e-modul berbasis masalah pada materi pencemaran air bermuatan nilai-nilai Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan tipe one group pretest-postest design. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester 4 mata kuliah Kimia Lingkungan Pendidikan Kimia UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan jumlah 37 orang. Instrumen yang digunakan berupa deskripsi pembelajaran, lembar observasi, lembar kerja, serta tes kemampuan literasi lingkungan. Data diperoleh dari hasil observasi dan lembar kerja pada kegiatan pembelajaran serta pemberian skor pada soal pretest dan postest. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas mahasiswa secara keseluruhan mencapai 90% dengan interpretasi sangat baik. Nilai rata-rata kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan lembar kerja yaitu 89.15 dengan interpretasi sangat baik. Kemampuan literasi lingkungan mahasiswa setelah penerapan e-modul berbasis masalah pada materi pencemaran air bermuatan nilai-nilai Islam mengalami peningkatan dengan nilai N-Gain sebesar 0.51 yang termasuk ke dalam kategori sedang. Kelompok prestasi tinggi, sedang dan rendah berturut-turut memperoleh nilai N-Gain 0.52; 0.50; dan 0.50 yang termasuk dalam kategori sedang. Dengan demikian penerapan e-modul berbasis masalah pada materi pencemaran air bermuatan nilai-nilai Islam dapat meningkatkan literasi lingkungan mahasiswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: E-Modul; Literasi Lingkungan; Nilai-Nilai Islam; Pembelajaran Berbasis Masalah; Pencemaran Air
Subjects: Education, Research of Language, Related Topics of Language
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Melania Nur Hasanah
Date Deposited: 13 Sep 2023 00:50
Last Modified: 13 Sep 2023 00:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77061

Actions (login required)

View Item View Item